Berbicara tentang motor sport 150cc, Yamaha YZF R15 2021 adalah salah satu model terbaik yang ada di pasaran saat ini. Dibandingkan para pesaingnya, motor R15 masih lebih umum di jalanan.

Pasar motorsport Indonesia terus menyusut dengan tren pasar roda dua yang mengarah ke sepeda motor jenis skutik, namun Yamaha YZF R15 2021 tetap akan menjadi ikon di segmen tersebut.

Yamaha YZF R15 2021 diharapkan masih memiliki tampilan fisik yang sama dengan model yang dijual saat ini. Jika model yang diusulkan sangat menarik, itu harus diakui.

Desainnya terinspirasi oleh keluarga R-series Yamaha, yang mencakup rangkaian lengkap motor sport seperti Yamaha R1, Yamaha R6 dan Yamaha R25/R3.

Desain bodinya yang sporty dan wajahnya yang agresif dengan dekorasi air scoops menarik banyak konsumen Indonesia, terutama anak muda.

Ukuran body yang tampak besar memberi Anda perasaan mengendarai sepeda. Daya tarik lainnya adalah mesin 155cc, SOHC empat katup, dan pendingin berpendingin air melalui Variable Valve Actuation (VVA) memungkinkan mesin mempertahankan performa dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Baca Juga : Yamaha NMax 2022 dan Spesifikasinya

Mesin Yamaha YZF  R15 memang bukan yang tercepat, namun dengan teknologi VVA performa yang dihasilkan sangat baik dan lebih dari itu, mesin ini mudah untuk dimodifikasi.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Perpindahan gigi transmisi terasa lebih mulus berkat fitur Assist & Slipper Clutch yang pertama di kelasnya.

Sistem pendingin mesin sudah mengandalkan tipe cair untuk menjaga suhu mesin pada kondisi operasi maksimal. Sistem pendingin cair sepertinya sudah menjadi standar pada motor sport 150cc.

Harga Yamaha YZF R15

Yamaha R15 2021 saat ini dibandrol dengan harga Rp 3608 juta dalam varian warna Racing Blue, Racing Yellow, dan Racing Black. Dan yang lebih mahal varian R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition ini tepatnya Rp 37685 di jalan Jakarta.

Baca Juga :  Inilah Alasan Dibalik Kunci Mobil Tidak Berfungsi

Desain Yamaha YZF R15

Didesain khusus khas  Yamaha R-Series, Yamaha YZF R15 2021 memiliki ukuran body yang cukup besar di kelasnya. Tapi berapa ukuran sebenarnya dari sepeda ini?

Secara dimensi, motor ini berukuran panjang 1.990mm, lebar 725mm, dan tinggi 1.135mm. Jarak sumbu roda 1.325 mm, tinggi jok 815 mm, dan jarak minimum 155 mm.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar 11 liter, bobot basah Yamaha R15 2021 adalah 137 kg. Angka yang masih sama dengan pesaingnya, ia menawarkan fairing keseluruhan 150cc.

Melihat bagian dashboard motor ini seperti melihat motor Yamaha R1 berukuran besar, sejenis superbike. Yamaha menawarkan dekorasi menarik untuk segitiga atas dengan gril.

Perhatian Anda langsung tertuju pada instrument cluster LCD dengan berbagai informasi lengkap berupa indikator kecepatan, putaran mesin, odometer, trip 1-2, odometer bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real-time, meter bahan bakar dan indikator VVA aktif .

Baca Juga : Ketahui Berbagai Jenis Motor Scoopy di Pasaran 

Di sekitar area layar LCD terdapat indikator lain seperti MIL, suhu mesin, dan gigi netral di sebelah kiri. Lalu ada lampu shift di bagian atas dan indikator belok dan lampu sorot di sisi kanan layar.

Komponen kelistrikan motor ini cukup bagus dengan lampu depan dan belakang berteknologi LED. Namun terlihat sedikit janggal karena lampu sein semua menggunakan bohlam.

Mesin dan bahan bakar Yamaha YZF r15

Yamaha R15 memiliki mesin 4 tak, silinder tunggal, kapasitas 155cc, SOHC 4 katup, berpendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuated).

Ukuran piston 58mm dan langkah piston 58.7mm. Sifat mesin dapat dikatakan persegi, artinya ukuran piston dan langkah piston sama atau hampir sama. Karakter mekanik ini memiliki kemampuan akselerasi yang baik, tetapi juga bekerja dengan baik pada kecepatan tinggi.

Baca Juga :  5 Pilihan Motor Matic Honda Untuk Cewek

Tenaga yang dihasilkan adalah 19hp @ 10.000rpm dan torsi puncak 14,7Nm @ 8.500rpm. Output di atas kertas adalah yang terbaik dari Yamaha R15 2021.

Mesin ini dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan. Perpindahan gigi transmisi terasa mulus berkat fungsi assist dan slipper clutch. Fitur ini juga membantu mengunci roda belakang saat perpindahan gigi dengan cepat.

Sudah menjadi ciri khas Yamaha menggunakan frame tipe Deltabox untuk menciptakan motor sport terbaik. Ini sempurna dengan swingarm aluminium yang ringan namun kuat.

Suspensi depan kembali menggunakan tipe inverted class-first. Kemudian suspensi belakang monoshock dengan link membuat redaman lebih halus.

Kaki-kakinya sangat kokoh dengan ukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, dan desain multi-spoke yang sangat bagus membungkus pelek.

Sistem pengeremannya sudah menggunakan kaliper dua piston di depan dan cakram ganda satu piston di belakang, namun sayangnya Yamaha YZF R15 2021 tidak memiliki braket rem ABS. Jaga agar sepeda tetap bergerak dan kemudi yang ringan, penanganan yang gesit, dan stabilitas sepeda ini patut diacungi jempol.

Spesifikasi Mesin Yamaha YZF R15 2021
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, VVA
Jumlah Silinder 1
Kapasitas Mesin 155,1 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Tipe Pendingin Cairan
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 Speed
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimal 19 Hp @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 8.500 rpm

Ride dan Handling Yamaha YZF R15

Sudah menjadi ciri khas Yamaha untuk membangun motor sport terbaik menggunakan rangka tipe Deltabox. Ini sempurna dengan swingarm aluminium yang ringan namun kuat.

Suspensi depan kembali menggunakan tipe inverted class-first. Kemudian suspensi belakang monoshock dengan link membuat redaman lebih halus.

Baca Juga :  Vespa Sprint dan Spesifikasinya

Baca Juga : Honda ADV 150 dan Spesifikasinya

Kaki-kakinya sangat kokoh dengan ukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, dan desain multi-spoke yang sangat bagus membungkus pelek.

Pengereman dan Keamanan Yamaha YZF R15

Namun sayang, fitur keselamatan Yamaha R15 2021 minim. Menggunakan cakram ganda dengan hanya lampu hazard tapi tanpa teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) untuk pengereman.

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA yang memastikan torsi seragam di semua putaran mesin
  • Semua lampu R15 menggunakan teknologi LED yang terang, ekonomis dan tahan lama.
  • Desain R15 sangat sporty dan terlihat seperti motor bermesin besar.
  • Speedometer teknologi modern
  • Pertahankan posisi mengemudi yang nyaman bahkan dengan stang di bawah yoke
  • Dilengkapi dengan fungsi Assist & Slipper Clutch untuk kopling ringan dan perpindahan gigi yang mulus
  • Motor R15 menggunakan rangka deltabox yang kuat dan kokoh.
  • Sepeda motor pertama yang menggunakan swingarm aluminium di kelas 150cc

Kekurangan

  • Belum dilengkapi dengan fungsi sistem pengapian tanpa kunci
    Posisi jok cukup tinggi.
  • Harga Yamaha R15 cukup mahal.
  • Sistem rem ABS tidak terpasang
  • R15 memiliki berat 137 kg. Beban pasti mempengaruhi kelincahan saat meminta manuver dan konsumsi bahan bakar.

Kesimpulan

Desain sporty, mesin bertenaga, teknologi canggih, dan performa andal adalah daya tarik paling potensial dari Yamaha YZF R15 2021, dan Yamaha juga sering menyelenggarakan acara balap merek tunggal untuk pengguna motorsport.

Namun untuk penggunaan sehari-hari di jalan yang sibuk, Anda akan merasa lelah dari posisi mengemudi yang membungkuk. Namun pada akhirnya, semua motor sport full fairing memiliki posisi berkendara yang sama. Tentu saja, pilihan ada di tangan Anda.