Yamaha NMax 2022 adalah salah satu skuter paling populer di indonesia dan banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Yamaha Nmax telah menjadi arus utama.

Yamaha mengukuhkan dominasinya di kelas skutik besar 150cc dengan diperkenalkannya Nmax 2022 atau All New Nmax 155.

Yamaha tak ragu membekali Nmax 2022 dengan sejumlah fitur dan teknologi canggih. Selain itu, desain dan tampilan dibuat lebih agresif. Lekukan pada bodynya terlihat lebih padat dengan garis yang tegas. Desainnya lebih sporty, namun tetap tidak meninggalkan kesan elegan.

Yamaha Nmax Generasi Pertama

Yamaha Nmax generasi pertama juga dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc. Terobosan yang diberikan adalah mesin berteknologi VVA (Variable Valve Actuated). VVA berfungsi untuk menjaga torsi dan tenaga maksimal di setiap putaran. Lampu depan dan belakang dilengkapi dengan LED.

Untuk pengereman, Yamaha Nmax sudah mengandalkan ABS (Anti-lock Braking System), dan beberapa bulan ke depan Yamaha memperkenalkan opsi Nmax dengan rem non-ABS.

Meski fitur keselamatan telah dikurangi, skuter ini semakin diminati karena harga yang ditawarkan lebih murah.

Setelah itu, Nmax mendapat penyegaran berupa pemilihan warna. Pada 2017, Yamaha juga menawarkan skutik besar ini suspensi belakang sub-tank atau suspensi belakang dengan tabung. Penampilan dari panel meternya juga dibuat lebih keren dan menarik.

Yamaha Nmax Generasi ke-2

Di penghujung tahun 2019, Yamaha memberikan kejutan dengan hadirnya All New Nmax 155 Connected. Tersedia dua jenis: versi Connected/ABS dan versi Standar.

Yamaha Nmax terus menjadi rival terdekatnya dengan Honda PCX. Pada awal tahun 2021, Honda mulai mengejar Nmax dengan memperkenalkan Honda PCX 160. Skuter ini memiliki desain baru dan fitur tambahan.

Baca Juga : Honda PCX 160 dan Spesifikasinya

Desain Yamaha Nmax 2022

Desain Yamaha Nmax terlihat agresif, sporty, namun tetap elegan. Secara keseluruhan, DNA dari Nmax generasi pertama dilestarikan. Namun tak sedikit yang mengatakan desainnya sedikit mirip dengan Xmax 250.

Yamaha Nmax 2022 disebut skutik besar karena ukurannya. Skuter ini berukuran panjang 1.935mm, lebar 740mm dan tinggi 1.160mm. Ini memiliki jarak sumbu roda 1340mm dan ground clearance 124mm. Dan beratnya hanya mencapai 130 kg dan 132 kg.

Yamaha Nmax 2022 mengandalkan suspensi depan teleskopik dan model suspensi belakang ganda. Pilihan suspensi tabung atau suspensi belakang subtank juga tersedia.

Sedangkan untuk peleknya, Yamaha Nmax 2022 masih menggunakan diameter 13 inci yang sama dengan generasi sebelumnya.

Baca Juga :  Honda Beat Street dan Spesifikasinya

Begitu juga dengan ban yang sudah lebar dan bertipe tubeless. Ban depan 110/70-13 dan ban belakang 130/70-13. Pilihan warna untuk tipe Connected/ABS adalah Matte Black, Matte Green dan Prestige Silver.

Jenis yang terhubung termasuk Matte Black, Matte Green, Prestige Silver, dan Matte Red. Tipe standar adalah matte red, matte black, matte blue dan matte green.

Mesin Yamaha Nmax 2022

Yamaha Nmax 2022 menggunakan mesin generasi berikutnya. Namun, jenis dan kapasitas mesin tetap sama. Hal yang sama berlaku untuk teknologi Blue Core dan VVA.

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT dan berpendingin air. Dimensi piston masih 58mm, stroke 58.7mm dan rasio kompresi 11.6:1.

Mesin tersebut mampu mengembangkan torsi maksimum 15,3 PS pada 8.000 rpm dan 13,9 Nm pada 6.500 rpm. dan bisa mengimbangi dari performa mesin, serta sistem pengereman depan dan belakang sudah mengandalkan rem cakram.

Rem dengan teknologi ABS adalah opsional untuk Yamaha Nmax 2022. ABS pada skutik ini juga dual channel. Ia bekerja pada alias rem depan dan rem belakang.

Harga Yamaha Nmax 2022

Harga Yamaha Nmax 2022 mulai Rp 30,7 juta untuk tipe standar, Rp 31,95 juta untuk tipe sambungan, dan Rp 34,8 juta untuk tipe sambungan/ABS.

Varian Yamaha Nmax 2022

Yamaha Nmax 155 2022 kini tersedia dalam tiga varian. Pertama, Yamaha Nmax 155 versi Standard dibanderol dengan harga Rp 30,7 juta.

Kemudian Yamaha Nmax 155 Connected dibandrol dengan harga Rp. 31.950 juta. Model teratas adalah versi Yamaha Nmax 155 Connected/ABS, dibanderol dengan harga Rp 34,8 juta (berdasarkan tol Jakarta).

Spesifikasi Yamaha Nmax

Mesin Yamaha All New Nmax
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi Silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155 cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
Daya Maksimum 15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm
Torsi Maksimum 13.9 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi Yamaha All New Nmax
P x L x T (1935 x 740 x 1160) mm
Jarak sumbu roda 1340 mm
Jarak terendah ke tanah 124 mm
Tinggi tempat duduk 765 mm
Berat isi 132 kg
Kapasitas tangki bensin 7.1 L
Baca Juga :  Tips Untuk Transportasi Mobil Mudah
Rangka Yamaha All New Nmax
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ukuran Ban Depan 110/70 – 13 M/C 48P
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang Hydraulic Single Disc Brake

Desain Yamaha Nmax 2022

Skuter Yamaha memiliki gaya modern dan dinamis, tidak terkecuali NMax. Fasia depan memiliki visor panjang yang membentang dari meteran digital hingga lampu depan yang tajam.

Lampu depan menggabungkan pencahayaan LED dan DRL untuk desain yang jauh lebih baik. Bagian belakang sangat pahatan berkat lampu ekor kluster kembar bersama dengan lampu sein.

Secara keseluruhan, desain Yamaha Nmax berani dan keren. Didesain secara ergonomis, skuter ini memiliki ketinggian kursi 765mm, memberikan posisi berkendara yang nyaman bagi orang Asia.

Yamaha Nmax juga memiliki tinggi pengendaraan yang layak yaitu 135mm dan jarak sumbu roda 1350mm, sehingga mudah untuk melewati kemacetan lalu lintas.

Baca Juga : Honda Beat Street dan Spesifikasinya

Ini memiliki roda 13 inci dengan ban tubeless 110/70 di depan dan ban tubeless 130/70 di belakang. Tangki bahan bakar hadir dalam fungsi praktis Yamaha Nmax disediakan di bawah lantai dan mudah diakses melalui terowongan pusat.

Bagasi Yamaha Nmax di bawah jok cukup besar untuk menampung helm full face dan bisa dibuka dengan tombol di dekat kunci. Kluster instrumen juga dirancang dengan sangat baik. Dilengkapi dengan layar LCD mono yang sederhana namun informatif. Visibilitas yang jelas di siang hari bolong dengan teks hitam pada latar belakang putih.

Ride dan Handling Yamaha Nmax 2022

Dibangun dengan rangka tulang punggung, Yamaha Nmax dilengkapi dengan suspensi ganda teleskopik depan dan belakang. Hanya suspensi belakang yang memiliki pengaturan preload, dan itu hanya satu langkah. Jok Yamaha Nmax juga menunjang kenyamanan.

Dengan bobot basah 132 kg, Yamaha Nmax menawarkan handling yang ringan dan lincah. Selain itu, radius belok yang pendek memastikan pengendaraan yang nyaman bahkan dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Mesin dan bahan bakar Yamaha Nmax 2022

Yamaha Nmax memiliki mesin satu silinder, berpendingin air, SOHC 4-katup. Mesin tersebut mampu menghasilkan output maksimum 14,9bhp pada 8000rpm dan torsi maksimum 14,4Nm pada 6000rpm.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis V-belt yang menyalurkan tenaga ke roda. Jumlahnya tidak terlalu tinggi, namun masih lebih tinggi dari kompetitornya, Honda PCX.

Baca Juga :  Motor Yamaha XSR 155 dan Spesifikasinya

Yamaha mentenagai mesin dengan teknologi Blue Core, yang membuat mesin lebih irit. Fitur lain yang menarik dari mesin ini adalah teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang mengatur asupan bahan bakar pada tingkat yang telah ditentukan.

Ini memberikan torsi yang kuat di kisaran rpm rendah dan memastikan daya maksimum pada kecepatan tinggi. Kecepatan tertinggi skuter ini adalah 117 km/jam. Dan konsumsi bahan bakarnya mencapai 42 km/liter. Tangki 6,6 liter dapat menempuh jarak lebih dari 250 km.

Fitur Keselamatan Yamaha Nmax 2022

Sistem pengereman menggabungkan rem cakram di kedua ujungnya. Rem cakram hidrolik 230mm tunggal dengan kaliper piston tunggal. Sistem terlihat layak dan berkinerja baik, tetapi akan lebih baik dengan sistem pengereman anti-lock.

Baca Juga : Ketahui Jenis Motor Yahama di Indonesia Sebelum Membeli 

Yamaha mengatakan ABS tidak termasuk dalam lembar spesifikasi NMax agar harga tetap kompetitif. Perusahaan juga mengklaim bahwa model berikut akan memiliki varian yang dilengkapi ABS.

Kelebihan

  • Yamaha Nmax memiliki sejumlah fitur bagus yang membuatnya terasa mewah dibandingkan skutik 150cc lainnya. Nmax dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti panel instrumen digital, velg, dan rem cakram.
  • Mesin 155cc berpendingin air berbahan bakar bensin yang dipasangkan dengan Yamaha Nmax terasa sangat halus untuk memastikan bahwa mesin tersebut memberikan angka performa terbaik di kelasnya.
  • Hanya tersedia dalam tipe Connected/ABS dan Connected, tetapi Anda sudah menggunakan sistem penguncian tanpa kunci.
  • Varian Connected/ABS dan Connected mendukung aplikasi Y-Connect, yang dapat menampilkan informasi lengkap tentang status motor.
  • Desain baru yang terlihat lebih modern, stylish dan elegan.
  • Posisi berkendara sangat nyaman.
  • Saya sudah memakai ban tapak lebar.
  • Speedometer menggunakan LCD digital.
  • Tenaga mesin biasanya relatif besar dibandingkan motor skutik.

Kekurangan

  • Kapasitas tangki 7,1 liter masih terlalu kecil.
  • Bagasinya tidak seluas generasi pertama.
    Lampu sein belum LED.

Kesimpulan

Yamaha berniat mempertahankan citra skutik premium yang nyaman dan berperforma tinggi, dengan banyak perubahan pada model baru ini. Menariknya, beberapa fitur disematkan untuk menambah nilai skutik ini.

Juga, pabrikan Jepang lainnya, Honda, bersaing dengan Honda PCX 160 2022. Alhasil, Yamaha Nmax 155 2022 dan Honda PCX 160 2022 akan tetap menjadi pesaing sengit dengan harga bersaing.