Di kalangan anak muda saat ini, Vespa Sprint 2021 merupakan skutik reguler yang kemungkinan besar akan menjadi item must have. Skuter ini banyak digunakan oleh kaum pria dan sangat mudah disulap menjadi bentuk yang sporty.

Karena itulah penjualan Vespa Sprint banyak diminati. Bahkan dengan kondisi tersebut, penjualan PT Piaggio Indonesia (PID), distributor Vespa di Indonesia, justru melonjak.

Sprint 2021 tersedia dalam dua varian Vespa Sprint yang tampil elegan dengan lis silver dan chrome. Lalu ada Vespa Sprint S yang tampil lebih sporty dengan body striping, dan beberapa jok berwarna gelap.

Desain Vespa Sprint 

Desain Vespa Sprint 2021 menggunakan basis yang sama dengan Vespa Primavera. Namun, kesan sporty itu diperkuat dengan pengaplikasian headlamp tipe kotak sebagai pembeda.

Lekukan bodi khas Vespa dengan bodi depan tinggi, dek datar, dan bodi belakang mirip kumbang tetap dipertahankan. Inilah daya tarik terbesar Vespa, desainnya yang ikonik.

Ukurannya yang ringkas membuat sepeda ini mudah dikendarai. Panjang keseluruhan motor ini hanya 1.863mm, jarak sumbu roda 1.334mm dan tinggi jok 790mm.

Seperti model Vespa lainnya, Sprint didasarkan pada sasis monocoque, dengan satu bodi depan, satu dek, dan satu bodi belakang yang terbuat dari bahan plat.

Lampu depan sudah LED dan lampu sein depan terintegrasi dengan LED DRL. Dan anehnya motor ini tidak memiliki sistem Auto Headlight On (AHO), karena masih memiliki tombol untuk mematikan lampu.

Lampu ekor adalah LED dengan nyala seperti tapal kuda dan dikendalikan oleh sinyal belok. Aksesori lainnya termasuk kunci immobilizer untuk mencegah pencurian perangkat, dua gantungan, bagasi di belakang kursi besar, dan bagasi depan dengan port USB.

Baca Juga :  Selain Daftar Harga Mobil Bekas, Perhatikan Hal Lain Saat Membeli Mobil Bekas 

Pengendaraan dan Handling

Suspensi depan memiliki konstruksi yang unik dengan pegas heliks dengan peredam hidrolik. Pergerakan suspensi depan menyerap goncangan pelek aluminium yang dibalut ban 110/70-12.

Suspensi belakang kemudian mengandalkan peredam hidrolik tunggal dengan empat titik untuk penyesuaian beban awal. Ukuran pelek yang digunakan semuanya 3,00 x 12 inci, tetapi ban belakang 120/70-12. Dampak berkendara Vespa Sprint 2020 lebih baik lagi.

Handlingnya masih lincah untuk bermanuver di perkotaan yang padat. Sifat suspensinya cenderung kaku, namun diimbangi dengan stabilitas saat menikung.

Posisi riding Vespa dikenal nyaman, dan segitiga berkendara antara pijakan kaki, stang dan jok sangat cocok. Anda tidak akan bosan mengendarai Vespa.

Mesin dan Bahan Bakar

Suspensi depan memiliki konstruksi yang unik dengan pegas heliks dengan peredam hidrolik. Pergerakan suspensi depan menyerap goncangan pelek aluminium yang dibalut ban 110/70-12.

Suspensi belakang kemudian mengandalkan peredam hidrolik tunggal dengan empat titik untuk penyesuaian beban awal. Ukuran pelek yang digunakan semuanya 3,00 x 12 inci, tetapi ban belakang 120/70-12.

Dampak berkendara Vespa Sprint 2020 lebih baik lagi. Handlingnya masih lincah untuk bermanuver di perkotaan yang padat. Sifat suspensinya cenderung kaku, namun diimbangi dengan stabilitas saat menikung.

Posisi riding Vespa dikenal nyaman, dan segitiga berkendara antara pijakan kaki, stang dan jok sangat cocok. Anda tidak akan bosan mengendarai Vespa.

Pengereman dan Keselamatan

Untuk pengereman ke depan, sepeda motor Vespa Sprint menggunakan jenis rem cakram hidrolik 220mm dengan kontrol ABS. Kemudian di bagian belakang juga disematkan rem tromol berukuran 140mm.

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan speedometer modern dengan panel LCD
  • Didukung ban besar dengan ring wheel 12”, grip atau traksi ban sangat baik.
  • ABS (Antilock Braking System) sudah terpasang.
  • Suspensi belakang dapat menyesuaikan tingkat kekerasan
  • Menggunakan generator yang terhubung langsung ke poros engkol untuk mengakomodasi proses start yang lebih mulus untuk fungsi sistem idling stop
  • Suspensinya sangat empuk dan bisa digunakan untuk meredam getaran di berbagai medan jalan.
  • Fungsi immobilizer sudah termasuk dalam kunci. Dengan teknologi ini, hanya kunci yang sudah memiliki chip dan terhubung dengan sistem motor yang dapat mengakses proses membuka kunci motor.
Baca Juga :  Inilah Jenis – Jenis Motor Sesuai Dengan Kebutuhan

Kekurangan:

  • Belum pakai lampu LED.
  • Tenaga dan torsinya masih kalah dari Vario 150.
  • Roda belakang, sistem pembatas kecepatan masih menggunakan model tromol.
  • harganya lumayan mahal
  • Biaya perawatannya juga cukup mahal

Kesimpulan

Vespa memiliki penggemarnya sendiri, termasuk Sprint 2021 yang sedang menjadi skutik populer di kalangan anak muda. Tampilan sporty yang dipadukan dengan desain ikonik menarik perhatian banyak orang.

Namun sebenarnya harga Vespa Sprint yang ditawarkan cukup tinggi untuk sebuah skutik bermesin 150cc, mendekati mendekati Rp 50 jutaan. Harga yang Anda bayar untuk sebuah sepeda motor yang telah menjadi bagian dari gaya hidup Anda.