Cara Mudah Mengetahui Lokasi HP yang Hilang – Smartphone atau yang biasa disebut dengan HP merupakan hal yang sangat penting bagi kebanyakan orang di zaman sekarang ini.

Tidak, semua yang berhubungan dengan kehidupan sekarang dapat diselesaikan melalui HP. Sehingga ketika suatu item hilang, pengguna menjadi cukup tertekan dan gelisah. Ada beberapa cara untuk memeriksa lokasi HP Anda yang hilang untuk menemukannya.

Cara Mengetahui Lokasi HP yang Hilang

HP yang hilang memiliki banyak kemungkinan, seperti lupa membawanya atau dicuri orang lain. Semua HP saat ini memiliki sistem GPS aktif untuk menentukan lokasi persisnya. Ini benar-benar dapat membantu pemilik HP mendapatkan kembali HP mereka. Tentu saja, ada metode lain yang dapat Anda gunakan, seperti:

1. Cek lokasi HP di Google

Jika Anda ingin mencari HP yang hilang, cara mencari HP yang hilang bisa menjadi pilihan utama karena mudah dilakukan. Google, salah satu mesin pencari paling terkenal di dunia, telah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengguna HP Android menemukan HP mereka.

Selain kemampuan melacak lokasi smartphone yang hilang, fitur ini juga dapat melacak perangkat lain menggunakan software Google, seperti Wear OS. Perangkat lunak ini tidak hanya dapat menemukan tetapi juga mengunci atau menghapus data pada perangkat yang hilang. Dengan data ini, Anda dapat menyimpan data pengguna yang kehilangan HP dengan aman.

Untuk informasi selengkapnya tentang caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman android.com/find di browser apa pun, lebih disukai Google Chrome.
  • Masuk dengan akun Google yang sama dengan smartphone yang hilang.
  • Ini juga menunjukkan detail lokasi HP Anda yang terakhir digunakan saat terhubung, dan HP Anda kemungkinan besar masih ada di sana.
Baca Juga :  8 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah di HP dan Laptop

2. Cek lokasi HP yang Hilang Melalui Email

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa email juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi sebuah HP . Namun, cara ini lebih efektif ketika HP Android hilang, dan seberapa efektif menemukan HP tipe iPhone belum diverifikasi. Agar lebih cepat, berikut cara melacak hp android menggunakan email.

  • Buka halaman Gmail Anda.
  • Masuk menggunakan email aktif yang terkait dengan HP cerdas Anda yang hilang.
  • Buka bagian Akun Google dan pilih jenis HP Anda yang hilang.
  • Pilih opsi Temukan Perangkat dan masukkan kembali kata sandi dari Akun Google Anda.
  • Selanjutnya, pengguna dibawa ke peta.
  • Tetap segarkan sampai Anda menemukan lokasi yang cukup akurat.

3. Gunakan IMEI untuk Mengetahui Lokasi HP yang Hilang

Tentunya semua smartphone yang diproduksi secara resmi memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor tersebut dibuat unik untuk membedakan smartphone Anda dengan smartphone lainnya. Bayangkan ada miliaran smartphone di planet ini dengan nomor IMEI yang berbeda. Nomor ini tidak dapat diubah atau diganti oleh orang lain.

IMEI ini memberikan peluang lebih besar bagi pemilik HP untuk menemukan HP yang hilang.

Untuk menemukan nomor IMEI Anda, biasanya ditandai di bagian belakang HP Anda dalam bentuk stiker. Tapi jika tidak ada, cari di kotak HP kamu. Ada serangkaian barcode dan nomor. IMEI resmi HP cerdas Anda. Jika masih tidak dapat menemukannya, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan memasukkan nomor dial *#06#.

IMEI ini berguna untuk mengandalkan polisi untuk melacak HP. Anda juga dapat menghubungi penyedia call center Anda dengan memberikan nomor HP dan nomor IMEI Anda. Penyedia dapat membantu Anda melacak HP Anda yang hilang dengan cepat.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan File yang Dihapus Permanen di Laptop Windows 10

4. Find My Device

Aplikasi Find My Device adalah aplikasi yang dibuat oleh Google yang didedikasikan untuk menemukan perangkat yang hilang. Aplikasi ini resmi tersedia di Google Play Store, jadi jangan diragukan lagi keamanannya. Namun, syaratnya pengguna harus memiliki 2 gadget yang berbeda. Langkah-langkah untuk menemukannya dijelaskan sebagai berikut.

  • Buka HP lain yang sudah memiliki aplikasi Find My Device.
  • Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun pribadi Anda dan klik Lanjutkan untuk menemukan HP Anda.
  • Jika HP yang Anda cari adalah milik orang lain, silakan masuk sebagai tamu dengan akun Anda sendiri dan masukkan HP tersebut.
  • Saat masuk, pengguna secara otomatis dipandu dan cukup mengikuti instruksi.

Ini Harus dilakukan Ketika HP Hilang

Kenyataan tidak selalu indah. Jika Anda kesulitan menemukan HP cerdas Anda, bahkan jika Anda menggunakan metode berbeda untuk menemukan HP Anda yang hilang, itulah masalahnya. Perjuangan tidak berhenti sampai disini. Ada hal lain yang perlu Anda lakukan. Dengan kata lain, ini melindungi data di HP Anda. HP perlu menyimpan banyak data HP dengan cara berikut:

1. Hapus Data Perangkat

Pilihan lain yang bisa kamu coba untuk mengamankan data pemilik HP adalah dengan wipe data perangkat.Data sensitif di smartphone kamu sangat berbahaya jika berada di tangan orang yang salah, terutama pencuri. Pencuri dapat menggunakan data yang terdapat dalam smartphone untuk melakukan kejahatan.

Oleh karena itu, menghapus data smartphone yang hilang sangat penting untuk keamanan pengguna. Fitur Find Device memungkinkan pemiliknya untuk menghapus semua data yang ada secara permanen.

Tetapi kelemahannya adalah tidak dapat berpartisipasi dalam penghapusan kartu dari kartu SD. Juga, jika Anda memutuskan untuk menghapus data perangkat Anda, Anda juga akan kehilangan koneksi dengan perangkat yang terhubung.

Baca Juga :  Cara Mematikan Sensor Proximity HP Oppo Pakai Aplikasi

2. Amankan Perangkat

Sebuah smartphone Android yang hilang dan terhubung ke Internet dapat dengan mudah diakses oleh pemiliknya tanpa mengetahui di mana letaknya. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Find Device via Google. Ini memungkinkan pengguna untuk mengamankan perangkat mereka dari jarak jauh.

Pengguna memiliki opsi untuk dipilih untuk melindungi perangkat mereka. Caranya adalah dengan mengunci perangkat Anda menggunakan PIN, pola, atau kata sandi. Metode ini mencegah pencuri mendapatkan akses lebih dalam ke HP cerdas Anda atau tidak dapat membukanya sama sekali. Dengan enggan, pencuri harus mengatur ulang HP mereka dan tidak memiliki akses ke data sama sekali.

3. Amankan Akun Terkait

Secara fungsional, HP saat ini sangat bergantung pada akun mana yang dapat membuka aplikasi. Akun-akun ini ditautkan secara permanen ke HP cerdas Anda, tetapi pemiliknya masih dapat menghapusnya. Ini sangat berisiko jika akun Anda masih terkait dengan HP yang hilang atau dicuri.

Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, pengguna harus segera memutuskan akun dari HP yang hilang. Alternatif lain adalah mengubah semua kata sandi untuk akun yang ditautkan ke HP Anda.

Dari sekian banyak cara untuk menemukan HP yang hilang, cara terbaik adalah dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google. Tapi tidak ada salahnya mencoba meyakinkan diri sendiri.

Jika itu tidak membantu, ambil langkah-langkah untuk memberikan ketenangan pikiran kepada pemilik dengan melindungi data pada HP cerdas yang hilang. Sangat berbahaya untuk melepaskan tangan Anda dari HP cerdas Anda tanpa mengambil tindakan apa pun.