Mengenal Perusahaan Fintech Teknologi Indonesia Sentosa – Fintech atau singkatnya fintech adalah sebuah inovasi di bidang jasa keuangan yang muncul di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Apa itu teknologi keuangan? Menurut definisi fintech oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), fintech adalah inovasi dalam industri jasa keuangan yang menggunakan teknologi.

Produk fintech biasanya dibangun dalam bentuk sistem untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan tertentu. Fintech Innovation termasuk Teknologi Indonesia Sentosa adalah perusahaan jasa keuangan yang menggunakan teknologi untuk mempercepat dan mempromosikan semua aspek layanan keuangan yang disediakannya.

Dengan pesatnya perkembangan startup atau rintisan (definisi fintech), fintech sendiri semakin populer. Perkembangan pengguna tekfin dan perusahaan tekfin juga terus berkembang dari tahun ke tahun. Menurut data Bank Dunia, pengguna tekfin awalnya 7% pada 2007 dan meningkat menjadi 20% pada 2011.

Penyebaran financial technology telah membawa perubahan yang sangat signifikan, salah satunya terkait dengan gaya hidup. Sebelum berkembangnya financial technology, masyarakat cenderung meminjam langsung ke bank.

Kini dengan adanya financial technology, masyarakat bisa mengandalkan dana pinjaman dari platform online seperti peer-to-peer (P2P). Mengutip dari situs resmi OJK fintech dibagi menjadi 5 kategori. Berikut ini adalah jenis-jenis financial technology:

– Crowdfunding

Saat ini menjadi salah satu modus pemahaman Fintech yang populer di berbagai negara/wilayah termasuk Indonesia. Dengan teknologi Indonesia sentosa ini, orang dapat mengumpulkan dana atau donasi untuk inisiatif atau proyek sosial yang mereka pedulikan.

Salah satu contohnya adalah penggalangan dana untuk membangun pesawat R80 rancangan BJ Habibie. Contoh startup fintech adalah model crowdfunding yang saat ini populer di Indonesia yaitu Kitabisa.com.

– Microfinancing

Keuangan mikro (microfinancing) adalah salah satu layanan perusahaan teknologi keuangan, menyediakan layanan keuangan untuk kelas menengah dan bawah untuk membantu mereka dalam kehidupan dan keuangan sehari-hari.

Baca Juga :  8 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah di HP dan Laptop

Karena sebagian besar masyarakat dalam kelompok ekonomi ini tidak dapat memasuki lembaga perbankan, mereka juga mengalami kesulitan dalam memperoleh modal usaha untuk mengembangkan usaha atau mencari nafkah.

Keuangan mikro mencoba memecahkan masalah ini dengan mengarahkan modal komersial dari pemberi pinjaman ke peminjam potensial. Desain sistem bisnis membuat pengembalian pemberi pinjaman kompetitif, tetapi peminjam masih bisa mendapatkan pengembalian.

– Layanan pinjaman P2P

Jenis ini lebih dikenal dengan financial technology for lending. Perusahaan fintech ini membantu masyarakat yang membutuhkan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan pemahaman financial technology ini, konsumen dapat lebih mudah meminjam uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

– Market Comparison

FinTech ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan produk keuangan yang berbeda dari penyedia layanan keuangan yang berbeda. Fintech termasuk teknologi Indonesia sentosa juga berperan sebagai financial planner.

– Digital Payment System

Sistem Pembayaran Digital merupakan start-up yang menawarkan layanan berupa pembayaran semua tagihan seperti pembayaran kredit dan tangguhan, aplikasi kartu kredit dan token listrik PLN.

Agensi Payfazz yang membantu masyarakat Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan fintech yang berpartisipasi dalam sistem pembayaran digital ini. Terutama mereka yang tidak mampu pergi ke bank untuk membayar tagihan bulanan mereka.

PT Teknologi Indonesia Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang P2P lending. One Hope adalah platform pinjaman P2P online milik PT Teknologi Indonesia Sentosa. Platform ini bertujuan untuk menciptakan masa depan keuangan yang lebih baik bagi semua orang, terutama pekerja Indonesia dan wanita produktif, dengan menyediakan permintaan pinjaman yang cepat dan nyaman serta terjangkau.

One Hope memiliki strategi manajemen risiko berbasis kecerdasan buatan dan sistem pengendalian risiko mutakhir untuk memastikan kualitas layanan platform One Hope. Kelebihannya adalah bunga rendah, tidak ada jaminan, proses sederhana, dan keamanan data.

Baca Juga :  Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Begini Caranya

Sekian ulasan mengenai perusahaan fintech Teknologi Indonesia Sentosa yang mungkin perlu Anda ketahui. Dengan begitu pemanfaatan dari pembaharuan sistem financial ini bisa semakin baik dan menjangkau wilayah yang lebih luas. Sehingga juga bisa segera dirasakan manfaatnya di seluruh wilayah Indonesia.