Pada tahun 2022, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial akan dibayarkan kembali oleh pemerintah untuk didaftarkan dan memenuhi kebutuhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Nah, bagi KPM yang masih bingung namanya didaftarkan sebagai penerima, atau yang belum bisa langsung memverifikasi secara online dengan cara berikut ini.

Bantuan sosial di bulan Puasa ini berarti PT POS telah ditetapkan sebagai lembaga penyaluran sebagai program BPNT 2022 yang dibayarkan pemerintah secara tunai.

Bantuan Bansos dari Kemensos Terbaru 2022

Tahun lalu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial menggunakan sistem pengisian saldo Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), di mana KPM yang terdaftar harus menerima kartu ini.

Mulai 2022, Kemensos akan mengubah sistem distribusi barang bantuan menjadi sistem tunai yang penarikannya bisa melalui kantor pos.

Cukup membawa KTP/KK, dan jika ada pemberitahuan status penerima bansos boleh dibawa. Untuk lebih jelasnya dan detail, Anda bisa membaca artikel Cara Mendapatkan Bantuan Sosial terbaru di kantor pos terdekat.

Sedangkan bagi yang masih ragu sudah mendaftar atau belum, bisa langsung cek daftar penerimanya secara online dengan cara:

Cek Link Bantuan Sosial Kemensos BPNT 2022

  • Cara pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser di ponsel Anda.
  • Selanjutnya bisa masuk ke link Cekbansos.kemensos.go.id atau bisa langsung klik link https://cekbansos.kemensos.go.id
  • Tunggu beberapa detik hingga muncul indikator DTKS Cek Bansos Bansos pada form pengambilan data PM (penerima) Bansos.
  • Pilih wilayah PM dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa.
  • Kemudian masukkan nama penerima manfaat (PM) yang sesuai dengan KTP.
  • Harap pastikan bahwa Anda telah memasukkan kolom Capcha dengan benar sebelum mengklik tombol “Ambil Data”. kalau huruf kode tersebut tidak jelas,maka klik ikon “Ubah” untuk mendapatkan huruf kode baru.
Baca Juga :  Begini Cara Daftar Bansos Via Aplikasi Cek Bansos! Harus Punya KTP dan KK

Setelah mengklik Cari Data, tunggu beberapa saat untuk menemukan nama penerima di database Kemensos. Jika Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, data Anda akan muncul dengan informasi tentang status kelulusan Anda untuk Bantuan Sembako.

Jika Anda belum mendaftar, Anda dapat mendaftar bansos di Kementerian Sosial dengan mengikuti Panduan Cara Daftar Bansos online. Ini adalah proses pendaftaran untuk program bantuan sosial yang diusulkan.

memo. Sistem Pencarian Bantuan Sosial Departemen Sosial mencari nama PM (penerima bantuan) berdasarkan wilayah yang dimasukkan.