Komputer Traktor Mesin Fotocopy Menurut Tujuan Penggunaannya Merupakan Barang Produksi – Untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia diperlukan beberapa alat pemuas atau sederhananya dapat dipenuhi oleh barang dan jasa. Yang dimaksud dengan barang jasa yaitu segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan serta dapat menjadi pemuas bagi kebutuhan manusia. manfaat atau guna secara utility bagi manusia. Dan jasa merupakan benda tak berwujud abstrak yang memiliki fungsi untuk pemuas kebutuhan manusia.

Diantara berbagai macam jenis barang, alat pemuas kebutuhan manusia ini dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Yang akan dibahas kali ini adalah barang menurut tujuan penggunaannya. sebagai contoh, komputer traktor mesin fotocopy menurut tujuan penggunaannya merupakan barang produksi.

Berdasarkan fungsi dan tujuan penggunaannya, barang dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Barang produksi merupakan barang berguna untuk dapat menghasilkan barang lain. adapun barang produksi tersebut tidak dapat langsung digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan manusia. Akan tetapi fungsi utamanya adalah untuk membantu dalam menghasilkan barang produksi lain. Contohnya adalah mesin jahit, mesin pengalengan ikan, mesin traktor, mesin fotocopy dan masih banyak lagi.

Barang produksi ini digunakan untuk membuat barang lain dari bahan dasar atau suatu produk. Contoh bahan dasarnya adalah beras, kayu, mesin, air dan sebagainya. hasil dari barang produksi ini disebut sebagai barang produk atau bahan jadi seperti sepatu, meja, dan barang elektronik lainnya.

Selain mengklasifikasikan menjadi barang produk seperti komputer traktor mesin fotocopy menurut tujuan penggunaannya merupakan barang produksi, terdapat pula klasifikasi untuk produk berdasarkan beberapa pengelompokan. Berikut adalah beberapa klasifikasinya.

Berdasarkan wujud

Berdasarkan wujudnya produk diklasifikasikan menjadi dua yaitu barang dan jasa. Adapun barang merupakan produk yang berwujud fisik yang diperlakukan seperti benda fisik lainnya. Sedangkan jasa merupakan aktivitas, manfaat dan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Contohnya adalah jasa salon, jasa hotel dan lainnya.

Baca Juga :  Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Begini Caranya

Berdasarkan Daya Tahan

Selain komputer traktor mesin fotocopy menurut tujuannya merupakan barang produksi yang masuk ke dalam kategori berdasarkan wujud, terdapat pula klasifikasi berdasarkan daya tahan. produk dikategorikan kedalam barang tidak tahan lama dan barang tahan lama apabila didasarkan dengan daya tahannya. adapun barang tidak tahan lama merupakan barang yang memiliki wujud akan habis dalam satu kali konsumsi atau beberapa kali konsumsi. Contohnya adalah sabun, pasta gigi dan masih banyak lagi. Sedangkan barang tahan lama atau durable goods merupakan barang berwujud yang dapat bertahan lama dengan pemakaian yang lama dan banyaknya pemakaian. Seperti lemari dan lain sebagainya.

Barang Konsumen

Barang konsumen merupakan barang yang akan dikonsumsi oleh yang bukan untuk kepentingan bisnis dan lebih mengacu terhadap kepentingan konsumen akhir. Adapun barang konsumen ini terbagi ke dalam 4 jenis yaitu convenience goods, Shopping goods, Speciality goods, Dan yang terakhir unsought goods.

Barang Industri

Selain komputer traktor mesin fotocopy menurut tujuannya merupakan barang produksi, terdapat pula barang industri yang merupakan barang yang dikonsumsi oleh konsumen antara atau konsumen bisnis. Berdasarkan barang industri, produk terbagi kedalam material material and part, capital items dan supplies and service.

Itulah pembahasan mengenai produk yang terbagi kedalam beberapa klasifikasi dan dapat difungsikan sesuai dengan jenisnya masing-masing. salah satu contohnya adalah komputer traktor mesin fotocopy menurut tujuannya merupakan barang produksi, akan digunakan sebagai barang produksi yang menghasilkan produk lain.