Ketahui Berbagai Jenis Motor Scoopy di Pasaran – Siapa yang tidak kenal dengan Honda Scoopy, kendaraan roda dua yang dikembangkan oleh PT Astra Honda Motor atau AHM ini memiliki peminat yang cukup besar. Sejak diperkenalkan ke public, motor ini sudah terjual dengan nominal yang cukup besar.

Sepanjang perkembangannya, Scoopy ternyata bisa dibedakan dari generasi dan tahun pembuatannya. Anda yang tertarik untuk membeli motor Scoopy dalam waktu dekat ada baiknya mengetahui rincian tiap generasinya untuk memilih mana yang tepat untuk aktifitas harian. 

Scoopy Generasi Pertama

Untuk generasi pertama, jenis motor scoopy ini memiliki model yang berbeda dengan kebanyakan model motor pada umumnya. Ia merupakan motor dengan gaya retro dengan mesin matic, namun model yang ditawarkan cukup menarik dan khas motor retro. Generasi pertama memiliki kapasitas pendingin udara dengan ukuran mesin 110cc. 

Motor generasi pertama Scoopy masih mengandalkan karburator bahan bahakr dengan lampu depan dari halogen. Fitur menarik yang terdapat di generasi pertama adalah SKS atau secure key system, dimana penutup lubang kunci dapat tertutup secara otomatis menggunakan sistem magnet. 

Scoopy Generasi Kedua 

Generasi kedua dari Scoopy rilis tahun 2013 – 2015, di tahun tersebut Scoopy mendapatkan perkembangan yang makin baik dari Honda selaku pengembangnya. Di generasi kedua, Scoopy sudah menggunakan pengabutan bahan bakar dengan model injeksi, headlamp yang dimiliki juga makin keren dengan projector. 

Jenis motor scoopy ini memiliki lampu sein depan dan belakang yang sudah dipindahkan dari body motornya. Dukungan lain yang terdapat di dalam motor ini adalah CBS atau Combi Break System, yang mebuat rem lebih mudah ditarik dan aman digunakan untuk berkendara. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga diharapkan bisa laris di pasaran. 

Baca Juga :  Ketahui Jenis Motor Yahama di Indonesia Sebelum Membeli 

Scoopy Generasi Ketiga 

Di pasarkan tahun 2015 – 2017, Scoopy generasi ketiga memilki tagline One Heart, yang membuatnya makin dirilik oleh anak muda. Perubahan yang dimiliki oleh generasi ketiga Scoopy adalah pilihan warna dan grafis yang kian menarik, dilengkapi dengan fitur terkini seperti ESP, ACG Starter, hingga ISS. 

Teknologi yang semakin keren ini membuat harga Scoopy naik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Namun jangan khawatir, berbagai perubahan yang disematkan di dalam motor membuatnya tidak kalah keren dengan motor matic model retro kebanyakan. 

Scoopy Generasi Keempat 

Jenis motor scoopy selanjutnya adalah generasi keempat yang rilis di tahun 2017 hingga 2019. Di tahun tersebut ada banyak perubahan yang dilakukan oleh Honda selaku pembuatnya, mulai dari desain, spesifikasi, hingga fitur yang ada. Desain yang dimiliki juga lebih fresh dan menyasar anak muda. 

Misalnya di bagia depan, Anda akan menemukan LED Projector yang sudah terintegrasi dengan lampu sein. Panel meter yang disediakan juga makin menarik dengan kombinasi nalaog digital. Fitur baru yang disematkan di dalam model ini adalah anti thieft system yang meminimalisir pencurian motor serta velg 12 inchi untuk berkendara yang lebih nyaman. 

Tidak berhenti sampai disana, Scoopy juga merencanakan generasi kelima yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2020. Motor motor tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai dealer yang bekerja sama dengan Honda. 

Informasi terkait dengan jenis motor Scoopy tersebut tentu akan membantu Anda yang memang berniat untuk membeli motornya dalam waktu dekat. Dari berbagai penjelasan tersebut, semoga Anda bisa menemukan jenis motor yang tepat sesuai dengan kebutuhan.