Jenis Motor Custom, Model dan Tipenya – Motor merupakan kendaraan roda dua dengan jenis yang beragam. Ada banyak merek yang bisa Anda pilih, dari Yamaha hingga Honda, dengan pilihan model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi motor berguna untuk memudahkan proses mobilisasi, sehingga kebutuhannya tetap stabil spenjang tahun. 

Namun kebutuhan yang berbeda ini membuat banyak orang melahirkan jenis motor yang baru, yakni jenis motor custom. Motor custom merupakan jenis motor dimana pengendara memilih bentuk yang berbeda untuk motor yang mereka beli. Ada berbagai jenis motor seperti ini, tentunya dengan spek yang menarik untuk disimak. 

Untuk mendapatkan motor custom, Anda harus mengeluarkan budget yang cukup besar. Satu motor custom bisa dibanderol dengan harga yang fantastis, mulai dari 100 juta rupiah. Namun bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi sendiri untuk membua motor custom, ada beberapa model dan tipe yang bisa kamu jadikan contoh. 

Model dan Jenis Motor Custom 

1. Café Racer 

Jenis yang pertama untuk motor custom adalah motor Café Racer, motor ini mudah dikenali karena modelnya yang cukup unik. Konsep dan desain yang dimiliki oleh motor ini adalah motor balap jaman dulu dengan jok model single seater. Terdapat tangki bahan bakar yang ramping dan memanjang di bagian tengah motor tersebut. 

Meskipun memiliki model yang unik dan menarik, namun jenis motor custom ini tidak disarankan untuk penggunaan harian. Kebanyakan motor custom model Café Racer hanya digunakan untuk balapan atau sebagai pajangan semata. 

2. Brat Style 

Jenis motor dengan model custom selanjutnya adalah Brat Style, yang merupakan nama sebuah bengkel yang terdapat di Jepang. Saking terkenalnya bengkel tersebut dalam mengadapsi model motor custom, banyak orang yang memberikan nama Brat Style untuk motor yang mengikuti gaya custom dari bengkel tersebut. 

Baca Juga :  Biaya Service Honda Scoopy di Tahun Pertama

Di Indonesia model Brat Style mulai populer di tahun 2000-an, jika kamu ingin memiliki motor ini sekarang, jangan khawatir, gayanya akan tetap keren dan tidak ketinggalan zaman. Untuk desainnya, Brat Style memiliki model yang tidak jauh berbeda dengan desain motor custom Bobber. 

3. Tracker 

Pilihan jenis motor custom lain yang bisa Anda gunakan adalah Tracker, yang belakangan kembali populer di kalangan biker motor custom. Apalagi gaya yang dimiliki terkesan ointas generasi, ia bisa digunakan oleh anak muda ataupun mereka yang sudah berumur. 

Tampilan Tracker menonjolkan kesan garang pada model motor yang digunakan. Kombinasi yang digunakan oleh model Tracker adalah trail endure dan motor jalanan, menghasilkan tampilan dual purpose yang menarik dan tidak gampang ketinggalan zaman. 

4. Scramble 

Jika masih kurang puas dengan rekomendasi gaya model motor custom yang dimiliki sebelumnya, Anda bisa mencoba gaya Scramble.  Ada yang berpendapat bahwa Scramble memiliki kemiripan gaya dengan motor Café Racer, namun jika diteliti lebih mendalam, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. 

Jenis motor custom yang satu ini menggunakan tipe stang yang mirip dengan motor sport dan menggunakan ban model dual purpose. Ini tentu akan membuat motor gaya Scramble nyaman digunakan di jalanan ataupun off road

Itulah beberapa rekomendasi jenis motor custom, tipe dan berbagai keunggulannya. Apabila Anda tertarik untuk membuat motor custom sendiri, Anda bisa membeli ordendil tambahan original untuk membuat motor tampak lebih menarik. Namun ingat, pastikan bahwa modelnya masih sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh dealer pembuatnya, sehingga aman dipakai.