Sejak diluncurkan pada 2010, Honda Scoopy dengan cepat mencuri perhatian masyarakat, terutama anak muda yang menginginkan skuter matik berdesain stylish.

Persaingan skutik retro semakin memanas dengan resminya peluncuran model terbaru Honda Scoopy 2020 dari PT Astra Honda Motor (AHM). Honda, pemimpin pasar di segmen ini, jelas tak mau pindah tahta.

Scoopy generasi ke-5 ini tidak jauh berbeda dengan generasi ke-4 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, secara tampilan. Hal ini dikarenakan desain yang ditawarkan sudah menarik, hanya dengan sedikit modifikasi yang dilakukan oleh pabrikan.

Honda scoopy terbaru 2022 banyak memiliki unggulan. Jika bingung memahami apa yang baru dari scoopy 2022 kami telah mengumpulkannya informasi dan detailnya dari Arpronews.com dibawah ini.

Desain Honda Scoopy 2022

Meski demikian, setiap bagian dari motor ini benar-benar baru, mulai dari rangka, mesin dan kaki-kaki hingga teknologi dan fitur pelengkapnya. Desain bodi berbentuk S semakin menyempurnakan kesan retro dan sporty skutik ini.

Desain serba tetap menjadi merek dagang. Fasia depan sudah lebih unik berupa lampu depan berbentuk oval dengan teknologi light-emitting menggunakan LED.

Lampu sein dibuat berbentuk bulan sabit terpisah dari lampu utama. Bentuk lampu sein yang sama juga dapat dilihat dari bagian belakang sepeda motor, tetapi lampu belakang adalah lampu ekor bundar dengan mika reflektif yang mengingatkan pada api berbentuk cincin, memberikan tampilan buritan yang manis pada Honda.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Motor Agar Tahan Lama

Mesin Honda Scoopy 2022

Honda juga memiliki sejumlah fitur modern pada Scoopy terbaru ini, seperti instrument cluster dengan penunjuk digital dan analog. Informasi yang ditampilkan adalah jam digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real-time, tripmeter, voltmeter hingga indikator sistem kunci pintar.

Honda Scoopy 2022 didasarkan pada kerangka Enhanced Architecture Frame (eSAF) yang sebelumnya digunakan untuk Honda BeAT dan Honda Genio. Jenis rangka ini terbuat dari lembaran logam lembaran logam, dibentuk dan kemudian disambung menggunakan pengelasan laser.

Rangka eSAF ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan rangka bekas seperti bobot yang lebih ringan, kekakuan yang lebih baik, ketahanan benturan dan dapat memberikan lebih banyak ruang untuk tangki bahan bakar dan barang bawaan di belakang kursi.

Baca Juga :  Ketahui Berbagai Jenis Motor Scoopy di Pasaran 

Mesin yang digunakan masih 110cc, namun kini digunakan kombinasi ukuran piston 47mm dan stroke piston 63.1mm. Karena sifat mesin yang overstroke, Honda sepertinya ingin menghemat bahan bakar sekaligus memberikan akselerasi yang baik untuk skutik entry-level.

Harga Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy 2021 tersedia dalam empat varian dan delapan pilihan warna. Varian Sporty tersedia dalam warna Sporty Red dan Sporty Black. Varian fashion tersedia dalam warna Fashion Blue dan Fashion Black.

Kedua model Rp. Itu dijual seharga 20.475 juta. Kemudian, untuk varian Stylish dan Prestige dengan sistem smart key, Anda bisa memilih warna Stylish Brown dan Stylish Red. Kemudian di Jakarta, Rp. Menjual Prestige White dan Prestige Black seharga $21.275 juta.

Honda Scoopy 2022 Segera Hadir

Honda Scoopy 2022 menggunakan desain bodi berbentuk S atau mengaplikasikan lekukan bodi berbentuk S agar sesuai dengan genre retro sekaligus menciptakan tampilan yang stylish.

Honda dengan Scoopy 2022 terlihat lebih imut dan kekar, serta lekuk bodi yang membulat namun kokoh. Hal ini tak lepas dari penggunaan pelek berukuran sekitar 12” yang dibalut ban profil tebal.

Penggunaan lampu LED dengan proyektor tetap sama pada model baru, hanya saja bentuknya diubah menjadi bentuk yang lebih lonjong. Kontrol sinyal belok vertikal di kedua sisi.

Desain stang coverless tetap dipertahankan sejak pertama kali diluncurkan pada 2010 lalu. Namun kini kluster instrumen model baru ini dihiasi dengan variasi informasi dan kombinasi digital yang lebih lengkap.

Area dek datar memberikan fleksibilitas yang lebih besar saat mengangkut barang. Sepintas bodi belakang masih terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, namun dihias dengan tail lamp tipe baru yang terlihat mewah.

Mulai generasi ke-4, Honda telah menggunakan pelek 12 inci dan ban profil tebal untuk membuat tampilan Scoopy semakin imut. Itulah yang terus dipegang Honda untuk Scoopy 2021.

Baca Juga : Ketahui Berbagai Jenis Motor Scoopy di Pasaran 

Baca Juga :  Inilah Alasan Dibalik Kunci Mobil Tidak Berfungsi

Dimensi dan handling Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy ini memiliki panjang 1.864mm, lebar 683mm, dan tinggi 1.075mm, yang cocok untuk postur konsumen Indonesia dan mudah diinjak dengan ketinggian jok hanya 746mm dari permukaan tanah. lumayan.

Motor ini bisa memberikan kelincahan saat bermanuver. Trek pendek dengan banyak liku-liku dapat dengan mudah dilalui. Selain ban lebar, suspensi depan teleskopik, lengan ayun, dan peredam kejut tunggal yang menambah percaya diri, motor ini sangat percaya diri di setiap tikungan.

Bahkan saat membelok di tikungan sempit, yang sering ditemui di kondisi jalan nyata, motor tetap stabil dan tidak ada guncangan saat dikendarai.

Mesin Honda Scoopy 2022

All New Honda Scoopy dibekali mesin satu silinder berkapasitas 110cc, eSP, PGM-FI, SOHC dua katup, berpendingin udara, dan bertransmisi otomatis.

Sepeda motor Honda Scoopy mampu menghasilkan tenaga 9,1 PS pada 7.500 RPM dan torsi 9,4 Nm (0,96 kgf.m) pada 6.000 RPM. Mesin eSP 110cc dilengkapi starter ACG untuk suara halus saat dijalankan.

Skuter populer Honda ini merespons dengan akselerasi 12,73 detik untuk mencapai 200 m dan bertenaga dengan kecepatan tertinggi 91,3 km/jam (menggunakan performance test rig).

Honda Scoopy mengaktifkan fungsi ISS (metode ECE R40) dengan metode uji EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/L) dan dapat memberikan efisiensi bahan bakar yang irit sekelas 59 km/L.

Baca Juga : Jenis Motor Custom, Model dan Tipenya 

Varian Warna Honda Scoopy 2022

[masterslider id=”2″]

Fitur Keselamatan Scoopy 2022

Fitur penting dari segi keselamatan Scoopy adalah Combi Brake System (CBS). Sistem pengereman ini merupakan kombinasi dari rem depan dan belakang. Saat pengendara cukup menarik tuas kiri, rem belakang diinjak secara bersamaan. Ini memastikan pengereman yang optimal.

Pengendara juga mendapatkan kenyamanan dan keamanan berkat fitur kunci rem parkir. Dari dasarnya, ia bekerja seperti rem tangan yang ada di dalam mobil. Ini membantu mengunci posisi motor, terutama saat berhenti di kondisi jalan menanjak atau menurun. Dan karena sistem mengunci rem belakang.

Spesifikasi Honda Scoopy 2022
DIMENSI
P x L x T 1.864 x 683 x 1.075 mm
1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Terendah 145 mm
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Berat Isi 95 kg & 94 kg (tipe smart key)
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi brake system
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12
Baca Juga :  Begini Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Yang Benar

Kelebihan Honda Scoopy 2022

  • Scoopy memperkenalkan sepeda motor retro yang elegan dengan desain yang unik, trendi dan stylish.
  • Scoopy memiliki fitur yang sangat lengkap seperti rem CBS dan ISS.
  • Scoopy mudah dikendarai berkat bingkai eSAF dan memiliki posisi duduk yang ergonomis.
  • Mesin mengadopsi teknologi eSP dengan ACG Starter, sehingga suara mesin sangat lembut saat menghidupkan mesin.
  • Konsumsi bahan bakar sangat irit.
  • Harga All New Honda Scoopy masih sangat terjangkau untuk semua kalangan.
  • Ban tubeless digunakan baik untuk ban depan maupun belakang, sehingga lebih nyaman dan aman digunakan.
  • Didukung dengan pijakan kaki yang lebar yang memberikan kenyamanan maksimal saat mengendarai Honda Scoopy.
  • Terdapat fitur Power Charger yang mengisi daya baterai gadget saat berkendara.

Kekurangan Honda Scoopy 2022

  • Motor Scoopy masih pakai rem belakang tromol
  • Kapasitas tangki kecil dengan kapasitas tangki mesin 4.2L digunakan pada honda Scoopy.
  • Performa normal dengan kapasitas mesin 110cc yang mengutamakan penghematan bahan bakar.
  • Ukuran bagasi tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Tampilan Scoopy yang unik dan banyak fitur keren membuat harganya Rp. Rp dari 20.475 juta. 21,275 juta tidak salah. Layak mengemudi di mana-mana.

Tak hanya itu, ragam warna yang menarik juga menjadi nilai tambah yang menarik calon konsumen. Ada dua varian: sporty dan stylish. Jika Anda ingin grafis yang hidup, pilih Sporty. Jika ingin tampil elegan, Anda bisa memilih gaya. Tentunya semua tergantung selera masing-masing konsumen.