Meski Honda yang pertama memasuki pasar skutik kompak maxi, Yamaha NMax tampil sebagai pemenang dominan dari Honda PCX 160. Honda tidak bisa diam.

Pada saat honda PCX diluncurkan pada tahun 2011, Honda PCX ini upgrade dengan mesin yang lebih besar pada tahun 2013 dan facelift pada tahun 2014. Kini di tahun 2018, Honda akan segera meluncurkan model hybrid dan versi listrik di pasar tertentu.

Dan disamping itu, ada juga model yang baru didesain ulang untuk tahun 2018. Teknologi dan gaya baru diterapkan, mempertahankan citra premium dan inovatif. Honda PCX 160 akan segara diluncurkan dipasaran Indonesia.

Kehadirannya jelas penting mengingat persaingan dengan produk PCX 150 yang ada, yang mungkin tidak berlaku untuk aksi Yamaha NMax.

Kapasitasnya masih sama (155cc). Namun konfigurasinya sangat berbeda dengan model sebelumnya. Misalnya penggunaan katup masuk. Dan yang paling mencolok adalah pengaplikasian piston milik Yamaha YZF R15.

Hasilnya, tenaga meningkat dari 15PS menjadi 15,3PS pada 8000rpm. Ini benar-benar mengurangi torsi. Momen puntir kini tercatat 13,9 Nm @ 6.500 rpm, namun sebelumnya 14,4 Nm @ 6.000 rpm.

Baca Juga : Honda Beat Street dan Spesifikasinya

Harga dan Varian Honda PCX 160 2021

Honda PCX 160 tersedia dalam dua varian: model teratas e: HEV dengan Combi Brake System (CBS), Anti-lock Braking System (ABS) dan teknologi hybrid canggih.

  • Honda PCX 160 CBS: hanya Rp 3035
  • Honda PCX 160 ABS: Rp 33,95 juta
  • Honda PCX e:HEV: Rp 43,55 juta

Spesifikasi Honda PCX 160 2021

Dimensi Honda PCX 160 2021
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Murah Mulai dari 100 Jutaan 
Spesifikasi Mesin Honda PCX 160 2021
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki Honda PCX 160 2021
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Desain Honda PCX

Soal posisinya di segmen ini, skutik maxi berkapasitas kecil ini memang sudah sulit untuk menonjol. Tapi Honda PCX baru seharusnya tidak menjadi masalah.

Dengan desain yang lebih baik yang telah dipersiapkan dengan sangat baik selama bertahun-tahun. Semuanya dibuat dengan baik dengan kecocokan dan penyelesaian yang baik, tidak ada yang tidak seimbang.

Dimensi Honda PCX sebagian besar tetap tidak berubah: panjang 1923mm, lebar 745mm, dan tinggi 1107mm. Hal yang sama berlaku untuk duri tengah yang tinggi, kaki duduk, dan ujung depan melengkung yang besar.

Namun, banyak perubahan kosmetik telah dilakukan untuk menjaga desain tetap up to date.

Lampu depan LED ganda baru berbagi ruang dengan DRL LED dan lampu LED yang menggerakkannya. Bagian tengah ujung depan dilengkapi dengan kaca depan hitam besar dengan intake sporty kecil.

Tampilan keseluruhan Honda PCX dari depan melengkung dengan elegan. Lekukan bagian depan menarik garis dari depan. Bagian samping memiliki garis tubuh yang sederhana.

Baca Juga : Honda Scoopy dan Spesifikasi Terbaru 2022

Bagian belakang Honda PCX, dengan rel pegangan yang hampir terintegrasi dan panel bodi melengkung yang lembut, memberikan tampilan yang artistik dan berani. Lampu belakang juga dilengkapi dengan LED dengan desain yang lebih futuristik.

Baca Juga :  5 Manfaat Memasang Pembersih Udara di Mobil Pribadi

Knalpot pada honda PCX juga memiliki lekukan yang sama seperti motor lainnya. Hal-hal kecil seperti footpeg penumpang dan mesin di footboard terlihat terintegrasi dengan baik.

Roda hitam 7-gigi adalah roda cor 14 inci dengan ban tubeless depan 90/90 46P dan ban belakang 100/90 57P yang menggabungkan desain keseluruhan.

Tersedia berbagai pilihan warna. Radiate Grey Metallic, Pearl Metalloid White, dan Euphoria Red Metallic menonjolkan desain detail sepeda.

Instrumentasi Honda PCX menggunakan odometer, odometer, pengukur bahan bakar, jam tangan dan layar digital yang menampilkan data konsumsi bahan bakar.

Di belakang celemek terdapat kotak konsol yang dapat dikunci yang dilengkapi dengan stopkontak 12V untuk mengisi daya perangkat Anda. Di bawah jok terdapat kompartemen tahan air 25 liter yang dapat menampung helm full face.

Riding dan Handling Honda PCX

Honda PCX ini sangat ringan dengan mempunyai berat 130 kg. Jarak sumbu roda 1313mm dan sudut carry 27 derajat memberikan kemampuan manuver yang baik.

Tinggi kursi 761mm yang rendah, setang yang terangkat, dan ruang kaki yang cukup membuat perjalanan jauh menjadi nyaman. Selama pengemudi berada di jalan kota yang bagus, ground clearance 138mm tidak menjadi masalah.

Suspensi Honda PCX sendiri menggunakan teleskopik depan dan belakang dual shock absorber. Kursinya juga memiliki bantalan yang lebih baik dan tahan dengan baik saat menabrak dan berbelok di jalan.

Mesin dan Bahan BakarHonda PCX

Honda PCX terbaru bermesin 149cc 2 valve SOHC berpendingin air. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 12,6PS pada 8500rpm dan torsi hingga 13Nm pada 5500rpm.

Transmisi melalui kopling sentrifugal kering dan transmisi V Matic kini menawarkan akselerasi yang lebih baik. Hal ini juga sangat lembut dan tenang.

Honda PCX dilengkapi dengan sistem stop-start switchable dan mencapai konsumsi bahan bakar yang tinggi pada 44 kmpl. Dapat menempuh jarak lebih dari 350 km dengan tangki bahan bakar 8 liter.

Baca Juga :  5 Cara Menemukan Kesalahan Pada Mobil

Fitur Keselamatan Honda PCX

Rem pada Honda PCX masih memiliki konfigurasi yang sama sebelumnya dengan rem cakram hidrolik untuk bagian depan dan rem tromol trailing untuk bagian belakang.

Baca Juga : Honda Scoopy dan Spesifikasi Terbaru 2022

Juga tidak ada ABS. Dengan banderol harga yang begitu tinggi dan pesaing yang menawarkan fitur-fitur ini, Honda PCX bisa menjadi kelemahan. Namun, Honda PCX dilengkapi dengan smart keyless yang dilengkapi dengan immobilizer, alarm anti maling, dan sistem respons.

Kelebihan

  • Desain PCX bergaya modern terlihat lebih mewah dan elegan.
  • PCX memiliki fitur premium. Inilah mengapa motor ini dibandrol lebih mahal jika dibandingkan dengan Yamaha NMAX.
  • Mesin PCX hemat bahan bakar
  • Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar.
  • Performa mesinnya cukup stabil, sehingga cocok untuk touring.
  • Honda PCX memiliki kualitas suspensi yang sangat baik, sehingga memberikan kenyamanan saat bepergian dengan motor ini.
  • Kapasitas bagasi motor PCX lebar
  • posisi mengemudi yang nyaman

Kekurangan

Harga PCX cukup mahal.

  • PCX masih menggunakan rem tromol (rem belakang)
  • Belum ada koneksi ponsel cerdas
  • Motor PCX tidak memiliki Traction Control System (TCS). Gunakan TCS untuk mencegah roda tergelincir saat berakselerasi di jalan licin.
  • Belum suspensi belakang tabung
  • Performa mesin tidak bagus.
  • Handling motor tidak gesit.

Kesimpulan

New Honda PCX memiliki banyak hal menarik dari segi desain dan kepraktisan. Namun, tingginya harga dan kurangnya fitur yang dikombinasikan dengan harga ini seharusnya menimbulkan kekhawatiran bagi Honda. Tetapi jika Anda tidak dipusingkan dengan beberapa hal ini, PCX dapat melakukannya dengan baik.