Sudah 12 tahun sejak Honda BEAT pertama kali dirilis. Ada alasan mengapa Honda menempatkan skuter matik (skutik) entry-level ini di pasaran.

Motor ini merupakan skutik entry-level terlaris Honda hingga saat ini. Berbagai perubahan telah dilakukan dan kini Honda BeAT 2021 sudah up-spec dan unggul di kelasnya.

Saat dirilis pada 2008, BeAT masih mengandalkan karburator. Kini semakin irit berkat teknologi PGM-FI (Programmable Fuel Injection). Pada 2015, Honda akhirnya mengekspor BEAT ke negara tetangga.

Honda BEAT 2021 tidak lagi memiliki pesaing Yamaha. Yamaha tidak lagi mengeluarkan skutik berkapasitas 110cc.

Honda BeAT lebih cocok bila disandingkan dengan Suzuki Nex II. Nex II mungkin tidak lebih baik dari BEAT 2021 dalam hal fitur dan teknologi.

Tetapi jika Anda mencari harga yang terjangkau, Nex II lebih baik. Pasalnya skutik ini sedikit lebih murah dibandingkan Beat 2021.

Honda Beat Street Generasi Pertama (2016 – 2020)

Saat Honda Beat Street pertama kali dirilis, hanya hadir dalam satu tipe yaitu Combi Brake System (CBS).

Tidak ada fungsi Idling Stop System (ISS), tidak ada self-ignition lock yang terintegrasi dengan jok, dan sistem penerangan masih mengandalkan bola lampu biasa.

Kapasitas tangki bahan bakarnya masih 4 liter dan kapasitas bagasi di bawah jok masih 11 liter. Bahan bakar yang dihabiskan skutik ini mencapai 55 km/liter.

Baca Juga : Honda ADV 150 dan Spesifikasinya

Honda Beat Street Generasi ke-2 (2020 – Sekarang)

Honda Beat Street generasi kedua mengalami perubahan tampilan yang signifikan. Desain lampu depannya diubah dan sistem pencahayaannya juga menggunakan LED.

Namun, Honda masih belum membenahi fitur ISS. Pengukur panel tetap sepenuhnya digital. Jika Anda menggunakan oranye sebelumnya, sekarang menjadi biru.

Kapasitas tangki bahan bakar ditingkatkan menjadi 4,2 liter. Dengan kapasitas bagasi meningkat menjadi 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetis, namun terintegrasi untuk membuka jok. Perubahan lain adalah bahwa bar telah diubah dalam desain pelek.

Fitur Honda Beat Street 2021

Dari segi fitur, Beat Street 2021 semakin canggih. Semua sistem penerangan, terutama lampu depan, kini sudah dilengkapi dengan LED. Panel meteran sepenuhnya digital dengan latar belakang biru. Oleh karena itu, pengemudi dapat melihat lebih baik dalam gelap.

Baca Juga :  Hal-hal Yang Perlu diingat Saat Memperbaiki Kaca Depan Mobil

Tidak dapat menampung helm full-face atau half-face, tetapi ruang bagasi 12 liter juga cukup berguna. Fitur standar seperti Smart Stand Switch, Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, dan lainnya masih terpasang di dalamnya.

Harga Honda Beat Street 2021: Rp 17,15 juta

Honda Beat Street 2021 tersedia hanya dalam satu varian. Skuter entry-level di jajaran seri BEAT ini dibanderol dengan harga Rp 17,15 juta (berdasarkan tol Jakarta).

Baca Juga : Honda Scoopy dan Spesifikasi Terbaru 2022

Spesifikasi Honda Beat

Dimensi Honda Beat

 Panjang X Lebar X Tinggi  1.877 x 669 x 1.074 mm
 Tinggi Tempat Duduk  740 mm
 Jarak Sumbu Roda  1.256 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  147 mm
 Tipe Suspensi Depan  Teleskopik
 Tipe Suspensi Belakang  Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
 Ukuran Ban Depan  80/90 – 14 M/C – Tubeless
 Ukuran Ban Belakang  90/90 – 14 M/C – Tubeless
 Rem Depan  Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
 Rem Belakang  Tromol
 Sistem Pengereman  Combi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS

 

Mesin Honda Beat
 Tipe Mesin  4 – Langkah, SOHC, eSP
 Volume Langkah  109.5cc
 Diameter X Langkah  47.0 x 63.1 mm
 Sistem Suplai Bahan Bakar  Injeksi (PGM-FI)
 Tipe Tranmisi  Otomatis, V-Matic
 Rasio Kompresi  10.0 : 1
 Daya Maksimum  9.0 PS @ 7.500 rpm
 Torsi Maksimum  Torsi Maksimum 9.3 Nm @ 5.500 rpm

Desain Honda Beat Street

Ini bukan perubahan yang terlalu mencolok pada pandangan pertama. Namun, pada kenyataannya desainnya tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Perubahan yang paling mencolok adalah lampu depan dan lampu belakang. Sedangkan untuk bagian lain, Honda masih mempertahankan DNA skutik injeksi.

Honda BEAT 2021 memiliki panjang 1.877mm, lebar 1.074mm, dan tinggi 740mm. Tinggi joknya 740mm, yang cukup familiar dengan postur umum orang Indonesia. Skuter ini memiliki jarak sumbu roda 1256mm dan jarak terendah ke tanah adalah 147mm.

Sasisnya sudah menggunakan tipe tulang punggung teknologi Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Honda mengklaim bahwa rangka anyar ini lebih tahan terhadap defleksi (membungkuk) saat dikendarai dan lebih kuat dari sasis sebelumnya.

Kaki-kakinya dibekali suspensi asli Honda Beat 2021. Suspensi depan adalah model teleskopik dan suspensi belakang menggunakan peredam kejut tunggal.

Baca Juga :  Rekomenasi Jenis Motor Honda Matic

Sedangkan di bagian roda, Honda BeAT 2021 menggunakan ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Memang tidak terlalu luas, tapi masih cukup proporsional karena bodinya juga ramping. Ban juga tubeless untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Sedangkan pada sistem pengeremannya, Honda Beat 2021 hanya menggunakan rem cakram depan. Rem belakang masih mengandalkan model tromol.

Baca Juga : Biaya Service Honda Scoopy di Tahun Pertama

BEAT 2021 tersedia dalam tiga varian: CBS, CBS-ISS, dan Deluxe. Untuk tipe CBS ada empat pilihan warna yaitu Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Punk Red Black.

Kemudian, untuk tipe CBS-ISS ditawarkan tiga pilihan warna: Garage Black, Electro Blue, dan Fusion Magenta Black. Tipe Deluxe terdiri dari 2 warna yaitu Deluxe Black dan Deluxe Silver serta emblem 3D.

Pengendaraan dan Handling

Suspensi konvensional dengan peredam kejut depan dan belakang teleskopik. Skuter ini nyaman karena kualitasnya yang sangat baik dan getaran mesin yang rendah.

Posisi duduk nyaman dengan ruang gerak yang cukup luas di area pijakan kaki depan. Handlingnya lincah karena BEAT kecil dan ringan. Ini juga paling cocok untuk jalan kota serta jalan di sekitar kota.

Honda Beat Street 2021 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan kendali penuh. Pasalnya skutik 110cc ini dibekali stang telanjang lebar layaknya motor supermoto.

Positioningnya juga sangat ergonomis antara posisi tangan, badan dan kaki. Dengan tinggi jok 740mm, skutik entry-level yang banyak diminati ini juga tak asing bagi pengendara dengan bentuk tubuh kurang dari 170cm. Hal ini juga cukup ringan di 95 kg.

Mesin Honda Beat

Performa BEAT Street hadir dari mesin empat langkah, satu silinder, SOHC, eSP dengan kapasitas silinder 109,5 cc. Dengan diameter piston 47 mm dan stroke 63,1 mm, rasio kompresi yang dihasilkan adalah 10:1.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin mencapai 9PS pada 7.500rpm dan torsi hingga 9,3Nm pada 5.500rpm. Mesin tersebut juga disandingkan dengan transmisi otomatis V-matic.

Untuk mengurangi kecepatan roda akibat performa mesin, Beat Street 2021 tetap menggunakan rem cakram depan dan rem tromol belakang. Sistem pengereman masih mengandalkan Combi Brake System (CBS) dan belum memiliki fungsi Anti-lock Braking System (ABS).

Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Wuling Medan, Terjangkau dan Recommended 

Pengereman dan Keselamatan

Tidak dapat disangkal bahwa skuter ini memiliki harga dalam pikiran. Ini sering dikaitkan dengan kelemahan keamanan ini. Namun, Honda menawarkan BEAT rem hidrolik tunggal dan sistem pengereman kombinasi di bagian depan.

Sistem rem kombinasi menyebarkan rem cakram depan dan tromol belakang secara bersamaan dengan menarik tuas rem. Sistem ini memperpendek jarak pengereman dan memberi Anda lebih percaya diri.

Ia juga dilengkapi dengan sistem kunci pintar yang mengurangi kecelakaan lalu lintas dengan menjaga rem tetap terkunci saat parkir. Mesin juga dapat dimatikan jika side stand itu sendiri sudah digunakan.

Kelebihan

  • Tampilan desainnya terlihat sangat stylish
  • Harga honda beat masih murah.
  • Bobotnya sangat ringan, sehingga mudah dioperasikan.
  • Ketika mesin berhenti lebih dari 3 detik, mesin mati secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Honda Beat memiliki teknologi Enhanced Smart Power (eSP) yang dipadukan dengan PGM-FI. Kombinasi ini membuat performa mesin lebih bertenaga dan lebih hemat bahan bakar.
  • Speedometer dilengkapi dengan fungsi indikasi ECO.
  • Ini juga memiliki sistem kunci rana kunci yang aman dengan keamanan magnetik untuk melindungi pemilik Honda Beat dari pencurian sepeda motor.
  • Ada juga fungsi sakelar penyangga samping yang mencegah motor menyala saat referensi samping diturunkan.
  • Suspensinya sangat lembut dan pengendaraannya bahkan lebih baik.

Kekurangan

  • Mesin Honda Beat sedikit kurang bertenaga karena kapasitas mesinnya hanya 110cc.
  • tromol baja rem belakang
  • Itu belum dilengkapi dengan fungsi ABS.
  • Tidak nyaman dikendarai di jalan bergelombang
  • Sektor penerangan masih mengandalkan bola lampu biasa
  • Tarikannya kurang responsif sehingga akan terasa jika digunakan di bawah kaki. Motor jenis ini memiliki respon tarikan saat putaran hanya naik.

Kesimpulan

Tak heran jika Honda BEAT 2021 digandrungi banyak orang. Tidak hanya terjangkau, tetapi fitur dan teknologi yang menyertainya juga cukup andal.

Untuk penggunaan sehari-hari, BEAT 2021 juga sangat bisa diandalkan. Performanya cocok digunakan di perkotaan dan konsumsi bahan bakarnya juga irit. Ya, konsumen di sektor ini sangat sensitif terhadap harga jual dan konsumsi bahan bakar.