Honda ADV 150 merupakan skutik berteknologi tinggi yang hadir di Indonesia, dipadukan dengan eksterior tangguh bak skutik dua dunia.

Kehadirannya melengkapi pemilihan skutik 150cc milik PT Astra Honda Motor (AHM). Honda ADV 150 yang pertama kali diperkenalkan di ajang International Auto Show pada pertengahan 2019 lalu, menarik perhatian banyak orang.

Itu karena motor ini duduk lebih tinggi dari Honda PCX, skutik premium pertama Honda.

Tampilan skutik Explorer tak lepas dari versi motor besarnya, Honda X-ADV, karena garis desainnya dibuat serupa. Tubuhnya tinggi dan tangguh dengan ban tapak yang tangguh, dan dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi tinggi.

Honda ADV 150 ADV, seperti yang dipikirkan banyak orang, berarti kemajuan, bukan petualangan. Ini menunjukkan kelengkapan fungsionalitas yang disediakannya. Ya, ternyata ADV 150 memiliki banyak fitur dan bisa memanjakan penggunanya.

Pencahayaan LED di seluruh ADV 150, kaca depan yang dapat disesuaikan, pengisi daya, sistem kunci pintar, setang tirus yang lebar dan nyaman, ruang bagasi 28 liter, suspensi belakang model tabung, dan bahkan rem cakram ganda.

Honda ADV 150 menggunakan mesin Enhanced Smart Power (eSP), 150cc, 4 tak, single piston, SOHC 2 valve dengan pendingin cairan. Mesin dilengkapi dengan starter alternator (ACG) untuk proses start yang mulus.

Fitur engine assistance lainnya adalah Idling Stop System (ISS), yang mematikan mesin sementara saat berhenti di persimpangan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Ini telah menjadi fitur standar pada banyak skuter Honda dengan mesin eSP. Bangga dengan motor ini, hadir sebagai produk global dan pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Motor Agar Tahan Lama

Honda ADV 150 memiliki dua varian sistem pengereman yaitu Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS).

Tidak ada perubahan yang dilakukan pada model ADV 150 2020 sejauh ini pembaruan pemilihan warna bergerak menjelang akhir tahun 2020.

Baca Juga :  Hal-hal Yang Perlu diingat Saat Memperbaiki Kaca Depan Mobil

Dan sepertinya tidak akan ada perubahan lagi di awal tahun 2021. Meski berani dan bertanggung jawab, ADV 150 bukannya tanpa kekurangan.

Berikut ini kami akan membahas beberapa kekurangan dari ADV 150 2021 dan memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan apakah akan membelinya atau tidak.

Spesifikasi Honda ADV 150

Mesin Honda ADV 150
Tipe 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Tenaga Maksimal 9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Perbandingan Kompresi 10,8 : 1
Tipe Starter Elektrik
Tranmisi Otomatis, V-Matic
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM – FI(Programmed Fuel Injection)
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

 

Rangka dan kaki-kaki Honda ADV 150
Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Twin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban Depan 110/80 – 14 M/C Tubeless
Rem Depan Hydraulic Disc
Rem Belakang Triple Pot Hydraulic, CBS(untuk tipe CBS), Anti – Lock Braking System(untuk tipe ABS)

 

Dimensi Honda ADV 150
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Curb weight 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )

Desain Honda ADV 150

Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa ADV 150 benar-benar terlihat luar biasa. Adventure Touring terlihat dan berpose seperti skuter.

ADV 150 terlihat tinggi dengan kaca depan yang dipasang tinggi, bersama dengan apron bergaya agresif dengan pengaturan lampu depan ganda.

Posisi skuter yang tinggi semakin ditingkatkan dengan garpu teleskopik yang panjang dan ban depan yang besar. Partisi lantai adalah tema yang dipinjam dari skuter maxi yang membuat ADV 150 secara visual lebih besar.

Aksen perak di tepi samping fairing depan dan di bawah panel bodi di belakang menambah nilai visual pada skuter. Pipa knalpot yang menonjol seperti sepeda motor Adventure Touring.

Baca Juga :  5 Cara Menemukan Kesalahan Pada Mobil

Baca Juga : Ketahui Berbagai Jenis Motor Scoopy di Pasaran 

Di bagian belakang, Honda ADV 150 memiliki daya tarik yang sangat minimalis dengan rakitan lampu ekor kecil dan panel bodi samping yang diukir pada rel pegangan penumpang terpisah bersama dengan spatbor belakang yang besar.

Tambahan visual lain pada ADV 150 adalah kursi besar yang dapat menampung dua orang dewasa dengan nyaman. Fitur positif lain dari kursi besar ini adalah ruang penyimpanan di bawahnya.

Dengan kapasitas 28 liter, ADV 150 memiliki salah satu ruang penyimpanan bawah kursi terbesar dari semua skuter premium yang berada di bawah skuter maxi.

Dilihat dari lingkar kemudinya, ADV 150 terlihat cukup lega dengan one-piece handle dengan grip yang nyaman dan switchgear di kedua ujungnya.

Cluster instrumen LCD persegi panjang dengan lampu latar biru menunjukkan pembacaan digital untuk speedometer, pengukur bahan bakar, takometer, arloji, odometer, dan spidometer.

Di bawah instrument cluster terdapat sarang persegi panjang untuk lampu telltail dengan berbagai indikator, yang dapat dimodifikasi.

Honda ADV 150 menawarkan beberapa fitur praktis seperti adjustable windshield, external fuel charger, USN charging untuk smartphone dan smart keyless lock system yang tidak hanya memberikan kesan mewah, namun juga sangat praktis.

Honda ADV 150 Ride and Handle

Honda ADV 150 mungkin bukan motor yang Anda lihat di mana-mana seperti Adventure Touring hanya dengan melihat eksterior dan bodinya.

Tetapi dengan pengaturan suspensi teleskopik tinggi di depan, kembaran di belakang, roda depan 14 inci dan roda belakang 13 inci membuatnya lebih besar secara visual dan memiliki karakteristik pengendaraan dan penanganan yang baik.

Ergonomi kenyamanan berkendara juga sangat akurat dan skuter nyaman dan mudah dioperasikan.

Mesin dan bahan bakar

Honda ADV 150 memiliki mesin 4 tak, silinder tunggal, berpendingin air, kapasitas mesin 150cc yang sangat bertenaga, disandingkan dengan transmisi otomatis V-belt konvensional, menghasilkan output maksimum 14,6PS dan torsi maksimum 13,8. Nm.

Baca Juga :  Apa Peran Intake Manifold Pada Mesin?

Selain angka performa bertenaga tersebut, ADV 150 juga cukup hemat bahan bakar dengan angka efisiensi bahan bakar 46 kmpl.

Fitur Keselamatan Honda ADV 150

Selain smart keyless ignition with alarm and response system, ADV 150 juga dilengkapi dengan single channel ABS untuk menopang rem depan berukuran 240mm dan bagian belakang motor ini juga dilengkapi dengan cakram. Pengukuran rem 220mm.

Kelebihan

  • Tampilan dan body yang unik
  • ADV 150 menggunakan tipe suspensi twin sub-tank untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman saat berkendara, terutama di jalan yang tidak rata.
  • Anda dapat dengan mudah mengatur throttle untuk membuat motor ini sangat irit namun bertenaga.
  • Tinggi kaca depan yang dapat diatur ketinggiannya
  • Ukuran jok yang lebar membuat berkendara menjadi nyaman.
  • Getaran mesin ADV150 yang sangat halus
  • Rem sangat baik pada versi ABS, dan itu cukup untuk membuat Anda merasa percaya diri, terutama untuk touring, yang sering kali melibatkan jalan berpasir.
  • Performa mesin ADV 150 bisa dikatakan cukup mumpuni.
  • ADV 150 memiliki fitur yang sangat lengkap.

Kekurangan

  • ADV 150 cukup mahal.
  • Ukuran bagasi di bawah jok cukup luas, namun hanya ada sedikit ruang untuk kompartemen penyimpanan pakaian dinas helm ADV (KYT Enduro).
  • Kursi cukup lebar untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan, tetapi tidak cukup empuk.
  • Postur duduk Teresa agak tinggi
  • Alasan handling terasa kurang lincah mungkin karena motor ADV 150 begitu besar sehingga terasa sangat berat.

Baca Juga : Inilah Jenis – Jenis Motor Sesuai Dengan Kebutuhan

Kesimpulan

Honda ADV 150 tidak terlihat hebat secara visual dengan tampilan dan sikap Adventure Touring, tetapi memiliki daya tarik yang unik. Ini juga menawarkan daya tarik skuter yang luar biasa dalam hal kinerja dan kenyamanan berkendara, menjadikannya skuter maxi level pemula untuk pemula.