Fungsi Penting Email di Era Digital Saat Ini – Sebelum munculnya smartphone, SMS adalah satu-satunya pilihan bagi orang yang ingin berkomunikasi melalui teks. Setelah itu, muncul pesan elektronik baru, seperti Rocketmail, Hotmail, dan Yahoo.

Selama beberapa dekade, sebagian besar layanan ini akhirnya ditutup, dan citra Gmail menjadi lebih populer. Untuk memahami apa yang dilakukan email di era digital, simak ulasannya di bawah ini.

1. Buat Identitas Diri

Ya, email dapat membantu Anda membuat identitas Anda sendiri. Oleh karena itu, saat menulis email, pastikan untuk menggunakan alamat yang benar untuk nama/perusahaan Anda. Juga, jangan gunakan kombinasi angka karena mungkin terlihat amatir.

Jika Anda ingin lebih profesional, Anda juga dapat membuat email khusus menggunakan nama Anda (misalnya contact@youridentity.com).

Tentu saja, Anda harus membeli ekstensi domain seperti .NET, .COM atau .CO.ID dengan berbagai biaya.

2. Daftar di Beberapa Situs/Media Sosial

Dengan menautkan email Anda ke Google, Anda dapat membuat akun di banyak situs media sosial tanpa melalui proses pendaftaran.

Contohnya antara lain akun e-commerce (Shopee, Tokped, Bukalapak), Youtube, Instagram, dll.

3. Aplikasi Rekrutmen Online

Banyak perusahaan telah meninggalkan cara lama dalam merekrut kandidat. Saat ini, surat pengantar harus dikirim melalui email, bukan ditulis di atas kertas dengan dokumen lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara membuat akun email baru untuk menghindari masalah ketika Anda memiliki pekerjaan yang Anda minati.

4. Sebagai Alat Promosi Bisnis

Selain media sosial, promosi produk melalui email juga dimungkinkan. Ini adalah cara kuno, tetapi email masih sangat efektif untuk menjangkau berbagai kalangan audiens.

Salah satu contohnya dapat ditemukan di bagian Promosi di halaman Inbox.

Baca Juga :  Cara Mematikan Sensor Proximity HP Oppo Pakai Aplikasi

5. Kirim dan terima pesan

Selain keempat daftar di atas, fungsi utama email adalah untuk mengirim dan menerima pesan baik kepada teman kuliah maupun klien bisnis tentunya. Mengirim pesan melalui email biasanya dilakukan oleh pengguna yang ingin mengirim file berukuran besar secara massal.