Cara Tag YouTube Agar Banyak Viewers – Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang yang bekerja sebagai youtuber pasti memiliki banyak uang. Sebenarnya hal ini tidak salah. Karena ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Dari AdSense hingga hasil konten itu sendiri. Ada beberapa cara untuk menandai YouTube agar setiap YouTuber memiliki banyak viewers untuk dicoba.

Cara ini juga sudah banyak digunakan oleh semua youtuber. Bahkan, metode ini menjadi salah satu trik untuk mendapatkan lebih banyak viewers dan lebih banyak AdSense.

Jadi YouTuber pemula pun bisa mencoba metode ini, yang bisa meningkatkan jumlah penonton konten. Berikut adalah detail tentang cara membuat tag YouTube untuk mendapatkan lebih banyak penayangan.

Apa itu Tag YouTube?

Mungkin ada youtuber pemula atau orang awam yang sebelumnya belum mengetahui arti dari tag youtube ini. Tag ini hanya diartikan sebagai kata kunci kedua. Kata kunci kedua ini memudahkan viewers untuk menemukan referensi video yang relevan di YouTube.

Tag YouTube ini memudahkan sistem YouTube untuk mengurutkan video Anda sesuai dengan keinginan audiens Anda. Setiap viewers hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci ke dalam menu mesin pencari. YouTube kemudian akan mengurutkan dan menyesuaikan kata kunci yang Anda cari sebagai tag/judul untuk video Anda.

Jadi, pembuat konten, viewers, dan YouTube saling diuntungkan. Pembuat konten akan mendapat manfaat dari memiliki audiens yang besar. Di sisi lain, penonton akan lebih mudah menemukan video yang sesuai dengan seleranya. YouTube juga akan mendapat manfaat dari banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  8 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah di HP dan Laptop

Fitur Tag YouTube

Mengenai fitur keberadaan tag YouTube ini, pembaca mungkin sudah memiliki gambaran umum tentang fitur ini. Apakah Anda sudah tahu apa yang dilakukan tag YouTube ini? kamu benar. Tag pada konten video YouTube ini memudahkan viewers untuk menemukan video yang sesuai. Dari sudut pandang viewers, tujuan utama tag YouTube adalah untuk mempermudah menemukan video yang sesuai.

Di sisi lain, dari sudut pandang pembuat video atau pembuat konten, fungsi tag YouTube adalah untuk mendapatkan banyak viewers. Konten Anda akan mendapatkan banyak penayangan karena mudah bagi viewers untuk menemukan video Anda. Tentu saja, berkat jumlah viewers yang besar ini, pembuat konten akan mendapatkan lebih banyak di masa depan.

Cara Menambahkan Tag YouTube Secara Manual untuk Mendapatkan Lebih Banyak Viewers

Setelah mengetahui apa itu YouTube dan apa fungsinya, tentu banyak content creator yang ingin tahu caranya. Berikut cara menambahkan tag youtube agar banyak penontonnya bisa dibagi menjadi dua. Cara tag youtube agar banyak viewer bisa melakukannya secara manual atau tanpa bantuan aplikasi atau website. Berikut penjelasan cara membuat tag ini secara manual:

1. Gunakan SEO YouTube

Banyak pembuat konten menggunakan tag SEO ini di YouTube. Prinsip-prinsip yang digunakan oleh SEO YouTube sangat mirip dengan Google SEO. Jadi setiap pembuat konten harus melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat tag YouTube dengan SEO ini. Penelitian ini dapat dilakukan dengan mencari kata kunci tertentu.

Setelah hasil pencarian muncul, periksa kembali apakah video yang muncul sudah sesuai dengan yang diharapkan. Pembuat konten dapat menggunakan kata kunci ini dalam tag mereka jika hasil video yang ditampilkan sesuai. Meski cara ini sedikit rumit, manfaatnya sudah terbukti. Oleh karena itu, banyak pembuat konten menggunakan metode ini untuk meningkatkan viewers mereka.

Baca Juga :  Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Begini Caranya

2. Impor Tag dari Video Kompetitor

Pembuat konten yang tidak ingin repot memeriksa pengetahuan SEO YouTube dapat mencobanya. Salah satu cara untuk menandai YouTube untuk lebih banyak penayangan adalah dengan menarik tag dari video dari Kompetitor yang sama. Tentu saja cara ini bisa dengan mudah dilakukan oleh pembuat konten manapun. Pasalnya, pembuat konten tidak perlu merenung atau meneliti untuk menentukan tag ini.

Langkah yang perlu dilakukan pembuat konten saat menggunakan metode ini adalah menemukan video Kompetitor yang identik dengan konten mereka. Kemudian salin dan tempel tag yang ada dari video Kompetitor untuk digunakan untuk konten Kompetitor. Cara ini sangat mudah dilakukan oleh semua pemula dan youtuber senior.

4. Gunakan Tag yang Mudah diingat

Jika pembuat konten tidak menginginkan cara di atas, Anda bisa mencoba cara berikut. Semua pembuat konten harus membuat tag mereka sendiri dengan kalimat yang mudah diingat. Atau gunakan kalimat yang sudah dikenal alih-alih kata-kata kiasan. Jika konten Anda menyertakan cover lagu, sebaiknya gunakan tag cuplikan dari chorus lagu.

Hal ini biasanya karena penonton tidak mengetahui judul dan menghafal lirik lagu tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan tag ref lagu ini, konten video pencipta akan lebih banyak ditemukan oleh penonton. Hal ini tentunya akan membuat konten video kreator menjangkau lebih banyak penonton.

5. Buat Kata Kunci Berasal dari Judul

Cara menandai YouTube untuk mendapatkan banyak viewers lain adalah dengan menggunakan kata kunci yang berasal dari judul. Maksud dari kata kunci derivatif ini dapat diilustrasikan ketika pembuat konten membuat video tutorial tentang cara mempelajari materi SKD. Tag yang dapat digunakan dengan kata kunci turunan tersebut adalah #SKDCPNS, #TWKCPNS, dan sebagainya.

Tentu saja, kata kunci turunan ini memudahkan sistem YouTube untuk memfilter konten yang relevan dengan kata kunci yang diinginkan audiens Anda. Dengan demikian, jumlah viewers yang diamankan oleh pembuat konten juga meningkat.

Baca Juga :  Cara Paling Efektif untuk Memperbaiki Situs yang Tidak Terjangkau di Chrome Android

Cara Menambahkan Tag YouTube dengan Bantuan Aplikasi/Situs Web

Selain cara manual, ada juga cara untuk menandai YouTube agar ditonton oleh banyak penonton dengan bantuan aplikasi/website Anda. Metode ini membutuhkan sedikit lebih banyak usaha, yang harus dilakukan oleh setiap pembuat konten. Namun, dengan bantuan aplikasi/website ini, akan sedikit lebih mudah bagi pembuat konten untuk membuat tag ini. Inilah cara Anda dapat melakukannya di aplikasi/situs web Anda, termasuk:

1. TubeBuddy

Banyak pembuat konten mengandalkan aplikasi ini untuk memilih tag. Aplikasi TubeBuddy ini dapat dengan mudah diunduh melalui Play Store. Hal ini juga cukup mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pembuat konten menggunakan aplikasi ini:

  • Buka aplikasi TubeBuddy. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store.
  • Masuk atau masuk ke aplikasi ini menggunakan email pengguna yang terdaftar untuk konten YouTube.
  • Kemudian pilih menu 3-baris di pojok atas.
  • Klik menu “Penjelajah Tag”. Menu ini menghasilkan beberapa referensi tag YouTube yang bebas digunakan oleh semua pembuat konten.

2. YouTube Studio

Untuk aplikasi ini, biasanya sudah ada di ponsel masing-masing pengguna. Jangan sampai para pembuat konten perlu mendownload aplikasi ini lagi, gunakan saja. Inilah yang perlu dilakukan pembuat konten:

  • Buka aplikasi YouTube Studio.
  • Klik pada 3 garis di sudut atas.
  • Pilih dan klik menu “Analisis”.
  • Masuk ke menu pencarian.
  • Tarik ke bawah hingga Anda melihat menu ‘Penelusuran YouTube teratas’. Hasil dari menu ini menunjukkan beberapa tag referensi yang tersedia untuk setiap pembuat konten.

Hasil Pembahasan di atas adalah agar semua content creator men-tag YouTube untuk memudahkan banyak viewer. Cara ini diharapkan dapat semakin meningkatkan jumlah penonton video para pembuat konten.