Cara Mudah Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca – Hardisk eksternal adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data Anda.

Namun, sering ada masalah dengan menggunakan Hardisk ini. Misalnya, data pada Hardisk tidak dapat dideteksi atau terbaca. Kali ini kita akan membahas beberapa cara mudah mengatasi hardisk yang tidak terbaca agar bisa digunakan kembali dengan lancar.

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Pertama, mari kita lihat penyebab pasti dari Hardisk yang tidak terbaca. Ada beberapa faktor yang membuat Hardisk sulit dibaca di laptop atau PC. Biasanya, faktor pertama adalah penurunan kinerja atau kinerja karena penuaan Hardisk . Dalam hal ini, Anda harus mengganti Hardisk dengan yang baru.

Namun, ada juga beberapa penyebab yang sebenarnya bisa Anda perbaiki tanpa membeli harddisk baru. Misalnya, kesalahan kabel, serangan virus, konflik file, dll. Masalah membaca Hardisk ini juga dapat disebabkan oleh faktor kinerja pada komputer atau PC Anda.

Intinya, setiap kendala dalam membaca harddisk ini tentu akan sangat mengganggu pengguna. Apalagi jika harddisk digunakan untuk keperluan bisnis. Jika Anda terus mengalami masalah dalam membaca konten data di Hardisk Anda, bisnis Anda pasti akan menderita. Oleh karena itu, memilih solusi yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa Hardisk Anda dapat membaca dan beroperasi dengan lancar.

Solusi yang Bisa Dipilih

Ada beberapa solusi yang dapat diandalkan untuk membuat data pada Hardisk dapat dibaca kembali. Pengguna dapat mencoba solusi ini satu per satu jika penyebab masalahnya tidak jelas. Berikut adalah beberapa opsi untuk solusi atau cara mudah memperbaiki Hardisk yang tidak terbaca.

Baca Juga :  6 Cara Paling Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

1. Ganti USB Port

Langkah termudah yang dapat Anda lakukan ketika Hardisk Anda tidak dapat dibaca adalah dengan mengganti port USB yang digunakan. Perangkat PC atau laptop memiliki beberapa jenis port USB. Hardisk tidak dapat dibaca karena pengguna memasukkan kabel ke port USB yang salah. Misalnya, jika Hardisk Anda dicolokkan ke port USB 3.0, Anda dapat melepasnya dan menggantinya dengan port USB 2.0.

Jika ini tidak berhasil, coba ubah jenis perangkat yang digunakan. Anda dapat melakukannya di sesama PC Windows, atau Anda dapat mencobanya di perangkat Mac jika memungkinkan. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mengetahui di mana masalahnya yang membuat Hardisk Anda sulit dibaca.

2. Memformat Ulang

Opsi berikutnya untuk memperbaiki Hardisk yang tidak terbaca adalah memformat ulang. Tetapi pertama-tama, penting untuk dicatat bahwa proses ini akan secara otomatis menghapus semua data di Hardisk Anda. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menyimpan data penting terlebih dahulu.

Untuk memformat Hardisk, klik opsi menu Start Windows dan ketik Manajemen Disk. Selanjutnya Anda bisa memilih opsi membuat dan memformat partisi harddisk atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows + R. Kemudian akan muncul halaman Run, ketik saja diskmgmt.msc. Ini akan memunculkan halaman Manajemen Komputer dan memungkinkan Anda untuk segera memformat ulang Hardisk.

3. Pembersihan

Langkah ini sangat disarankan jika Anda sebelumnya telah memformat Hardisk Anda dan masih tidak dapat dibaca. Hal ini bisa terjadi karena proses pembersihan yang tidak sempurna, sehingga perlu dibersihkan kembali. Buka menu Start, ketik diskpart dan tekan Enter. Setelah itu, sebuah prompt akan muncul, ketik daftar disk dan tekan Enter lagi.

Baca Juga :  Cara Paling Efektif untuk Memperbaiki Situs yang Tidak Terjangkau di Chrome Android

Yang harus Anda lakukan adalah menemukan drive yang Anda lihat dan kemudian menjalankan perintah untuk memilih huruf drive menggunakan Hardisk yang ingin Anda bersihkan. Segera ketik clean kemudian tekan Enter. Langkah ini akan menghapus semua data yang tersimpan di Hardisk. Pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di Hardisk.

4. Ganti Letter Hardisk

Pilihan cara mudah mengatasi Hardisk yang tidak terbaca pada Hardisk ini mungkin berlaku untuk kondisi khusus. Kondisi ini terjadi ketika pengguna menemukan bahwa tidak ada karakter khusus di sebelah nama Hardisk. Oleh karena itu, ketika mengakses perangkat komputer, biasanya muncul huruf drive diikuti dengan huruf khusus. Tanpa surat ini, isi drive tidak otomatis terbaca.

Coba ubah huruf hardisk agar isi hardisk bisa terbaca dengan lancar. Sangat mudah untuk mengklik kanan pada volume yang dimaksud dan memilih opsi untuk mengubah huruf dan jalur drive. Memasuki opsi menu, pengguna dapat menambahkan teks mereka sendiri. Cukup pilih huruf standar seperti H, G, atau J.

5. Lakukan Update Driver

Opsi pertama adalah memperbarui driver. Terkadang Windows memiliki masalah driver yang membuat Hardisk ini sulit dibaca di File Explorer. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan update terlebih dahulu dengan membuka start menu dan masuk ke device manager. Ketika Anda menemukan menu, tekan Enter untuk masuk.

Secara instan memperluas menu disk drive dan universal serial bus. Dari sana, pengguna dapat memeriksa apakah Hardisk muncul di menu atau tidak. Kemudian pilih Hardisk eksternal yang digunakan, lalu klik kanan padanya dan pilih opsi Properties. Di menu pop-up yang muncul, cukup klik tab Driver dari sana dan klik opsi Update Driver di bagian bawah.

Baca Juga :  Cara Tag YouTube Agar Banyak Viewers, Pakai Cara Ini?

Jika langkah ini terlalu sulit, pengguna bisa langsung mengecek harddisk. Periksa situs produsen Hardisk untuk jenis driver tertentu. Ini memudahkan pengguna untuk memperbarui driver untuk memfasilitasi pembacaan Hardisk.

6. Mengaktifkan Hardisk  di BIOS

Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah mengaktifkan Hardisk di BIOS. Jika Hardisk eksternal tidak diaktifkan di BIOS, sistem operasi tidak dapat dideteksi dan konten Hardisk tidak ditampilkan di Windows. Yang perlu Anda lakukan adalah me-restart komputer Anda dan menekan tombol BIOS tergantung pada perangkat komputer yang Anda gunakan. Kemudian gunakan tombol panah pada keyboard Anda untuk memilih Integrated Peripherals dan tekan Enter.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih opsi pengontrol USB dan memeriksa apakah kondisinya diaktifkan atau tidak. Jika tidak diaktifkan, Anda dapat mengubahnya langsung ke Diaktifkan. Kemudian simpan BIOS dan keluar, kemudian Anda dapat me-restart perangkat untuk memeriksa kembali apakah Hardisk dapat dibaca atau tidak.

7. Ganti kabel yang digunakan

Jika semua cara sudah dicoba dan hardisk tetap tidak terbaca, pengguna bisa langsung mengganti kabel yang digunakan di hardisk. Masalah pembacaan Hardisk dapat disebabkan oleh kabel yang rusak. Oleh karena itu, belilah kabel Hardisk baru atau gunakan kabel Hardisk lain yang sesuai.

Itu tadi pilihan cara mudah mengatasi Hardisk yang tidak terbaca di perangkat komputer atau laptop. Ada banyak alasan mengapa perangkat ini tidak dapat membaca hard drive. Jadi, cobalah metode ini satu per satu untuk menemukan solusi yang tepat. Tentunya akan ada cara yang tepat dan akan membantu Hardisk untuk terbaca kembali.