Email adalah bagian terpenting dari akun Facebook Anda. Pengguna dapat mengubah email mereka terlebih dahulu jika mereka lupa kata sandi akun mereka. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara mengubah email Facebook yang benar untuk menghindari kegagalan.

Mengapa Mengubah Email Facebook Anda?

Facebook Email adalah fitur yang mengirimkan notifikasi dan kode verifikasi ketika pengguna ingin mengganti kata sandinya. Anda perlu tahu cara mengubah email Facebook Anda agar Facebook menyetujui permintaan penggantian dengan yang baru.

Jadi, mengapa mengubah email Facebook Anda? Silahkan cek uraian berikut.

1. Pembaruan Akun yang Tidak Mudah diretas

Email adalah akses ke akun Facebook Anda selain kata sandi Anda. Oleh karena itu, pengguna harus menjaga kerahasiaan email yang mereka gunakan untuk mengakses Facebook. Jika email Anda diketahui orang lain, mungkin seseorang dengan niat jahat mencoba meretas akun Facebook Anda.

Facebook sendiri memperingatkan pengguna untuk mengubah kata sandi dan email mereka secara teratur. Ini karena dapat mencegah akun Facebook Anda diretas.

2. Saya Lupa Kata Sandi Email Lama Saya

Alasan lain banyak pengguna ingin mengubah email Facebook mereka adalah karena mereka lupa kata sandi mereka. Jika pengguna tidak mengingat kata sandi email mereka sama sekali, mereka tidak akan dapat mengaksesnya lagi.

Namun, pengguna masih dapat mengakses Facebook melalui email. Tidak masalah jika pengguna tidak memiliki akses ke email, tetapi email tersebut masih dapat digunakan untuk membuka Facebook.

Baca Juga :  Teknologi Medis Adalah : Pengertian Dan Manfaatnya

Pengguna kemungkinan besar tidak menyadari pemberitahuan yang dikirim ke email Facebook mereka. Hal ini dikarenakan terkadang Facebook tidak memberikan notifikasi ke akun Facebook mereka, melainkan memberikan informasi kepada pengguna melalui email.

3. Email Lama dinonaktifkan

Cara mengganti email Facebook sebaiknya juga menginformasikan kepada pengguna yang akun emailnya sudah tidak aktif lagi. Jika pengguna tidak mengakses email mereka untuk waktu yang lama, penyedia dapat menonaktifkan akun email mereka.

Ketika email yang digunakan untuk mengakses Facebook sudah tidak aktif lagi, pengguna harus menggantinya dengan yang baru. Selain itu, pengguna harus selalu memeriksa apakah email Facebook masih aktif atau diblokir oleh penyedia. Selain kemampuan untuk mengirimkan notifikasi yang masuk, email juga dapat digunakan sebagai akses untuk mengubah password Facebook Anda.

Pengguna dapat mengubah kata sandi Facebook mereka menjadi kata sandi baru melalui email. Setelah itu, Facebook akan memberikan kode verifikasi melalui email untuk memverifikasi bahwa pemegang akun telah mengubah kata sandinya.

4. Jika Anda Ingin Beralih ke Email Berbayar

Banyak orang menggunakan Facebook untuk tujuan profesional. Misalnya, influencer yang menggunakan Facebook sebagai media untuk memberikan layanan periklanan. Nah, tak jarang para influencer lebih memilih beralih ke email berbayar agar akun Facebook yang digunakan untuk endorsement terlihat lebih profesional.

Jadi, penting untuk mengetahui cara mengubah email Facebook Anda. Email berbayar sendiri menawarkan beberapa fitur yang lebih unggul dari email gratis. Ada banyak manfaat yang hanya didapatkan pengguna dengan menggunakan email berbayar.

Selain terlihat lebih profesional, email berbayar menawarkan kapasitas memori penyimpanan pesan yang jauh lebih besar. Sistem keamanan email berbayar juga sangat baik.

5. Ganti Email Baru dengan Nama Asli Anda

Banyak pengguna menggunakan format email untuk mengganti email baru dengan nama aslinya. Seringkali, pengguna Facebook menggunakan email nama asli mereka saat mendaftar akun baru.

Baca Juga :  Tips Memilih Saham Teknologi Yang Bagus Untuk Pemula

Setelah menggunakan Facebook untuk waktu yang lama, saya menemukan bahwa alamat email saya berisi identitas saya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan Facebook untuk bisnis dan pekerjaan, Anda harus menggantinya dengan email baru yang lebih profesional.

Bagaimana Cara Mengubah Email Facebook Anda?

Bisakah saya mengubah email Facebook saya? Tentu saja, selama Anda tahu cara mengubah email Facebook dengan benar, Anda bisa. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Facebook Anda dengan email dan kata sandi terdaftar Anda.
  • Klik menu ‘Setelan’.
  • Dari menu ‘Setelan’, pilih Setelan Email dan klik ‘Edit’.
  • Masukkan alamat email baru Anda, lalu klik ‘Tambah’.
  • Masukkan kata sandi akun Facebook Anda untuk mengonfirmasi permintaan perubahan email Anda.
  • Buka akun email Anda, lalu cari pesan masuk di Facebook dengan kode verifikasi.
  • Ikuti petunjuk untuk memasukkan kode verifikasi Anda.
  • Masuk ke akun Facebook Anda menggunakan email baru Anda.

Sebelum mengganti email Facebook, pastikan Imam alternatif masih aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengguna harus melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan membuka akun email. Jadi, Anda perlu memeriksa ulang apakah email baru yang ingin Anda gunakan sebagai email Facebook Anda masih aktif.

Alasan Mengapa Anda Tidak Dapat Mengubah Email Facebook Anda

Secara default, email Facebook Anda dapat diubah tergantung pada alamat email yang Anda inginkan. Secara umum, pengguna yang telah beralih menggunakan email baru juga dapat mengubah email Facebook mereka agar tetap terhubung dan menerima notifikasi terbaru.

Namun, ada beberapa cara Facebook dapat menolak permintaan perubahan. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Ada Email Alternatif

Facebook memerlukan dua alamat email Facebook lama dan alamat email alternatif baru. Pengguna nantinya akan diminta untuk memasukkan alamat email baru tanpa terlebih dahulu menghapusnya dalam kasus Facebook lama.

Baca Juga :  Teknologi Pangan Artinya Ilmu Terkait Bahan Pangan, Yuk Pelajari Lebih Jauh

Setelah email pengganti Anda diverifikasi, Anda dapat menghapus email Facebook lama Anda. Jadi sistemnya adalah mengubah alamat email Anda sekaligus dan menghapus salah satu alamat email Anda agar akun Anda tetap terhubung.

Sebelum benar-benar mengganti email Facebook Anda dengan yang baru, pastikan Anda siap menggunakan email pengganti Anda. Pengguna tidak dapat mengganti atau menghapus email Facebook lama sampai yang baru ditambahkan.

2. Email Facebook Baru Belum Diverifikasi

Alasan lain mengapa perubahan email Facebook baru ditolak adalah karena pengguna tidak mengonfirmasinya. Sebelum email Facebook baru dapat diaktifkan, pengguna harus terlebih dahulu memverifikasi email mereka dengan kode verifikasi yang dikirim oleh Facebook.

Masukkan nomornya dan ikuti petunjuk untuk mengonfirmasinya dengan benar. Kelihatannya sepele, banyak pengguna tidak memeriksa untuk mencegah email baru ditautkan ke akun Facebook mereka.

Jadi pengguna yang belum menambahkan email baru tetapi masih merasa tidak dapat terhubung ke Facebook harus segera memeriksanya. Periksa kembali email yang Anda terima dari Facebook dan ikuti petunjuknya.

3. Jadikan Email Facebook Yang Ada Sebagai Kontak Utama Anda

Alamat email dan nomor telepon yang ditetapkan sebagai kontak utama tidak dapat diubah. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat mengubah dan menghapus alamat email lama mereka. Namun, pengguna tetap dapat menambahkan alamat email baru, sehingga nantinya 2 email akan ditautkan ke 1 akun Facebook.

Ini adalah cara mengubah email Facebook Anda dengan benar. Sebelum mengubah email Facebook Anda, periksa kembali apakah Anda masih dapat mengakses email pengganti atau sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pengguna Facebook yang ingin mengganti alamat emailnya dengan yang baru.