Cara Mengembalikan File yang Dihapus Permanen di Laptop Windows 10 – Terkadang data atau file di laptop terhapus secara sengaja atau tidak sengaja. Jika itu terjadi, Anda pasti akan malu.

Selain itu, ini adalah file penting yang tidak boleh hilang. Pada artikel ini, kami akan mengulas cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop Windows 10.

Ada banyak solusi dan metode yang bisa dilakukan pengguna Windows 10 jika ingin mengembalikan file atau data penting yang terhapus permanen. Seringkali sulit bagi pengguna baru untuk memulihkan file yang terhapus ini, jadi silakan baca ulasan berikut sampai akhir agar Anda dapat mengembalikan file penting yang Anda butuhkan ke folder tersebut.

Kemana Perginya File Yang dihapus?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya ke mana tepatnya file yang terhapus secara tidak sengaja atau tidak sengaja? Sebenarnya file yang terhapus ini tidak hilang dari laptop. Namun, jika Anda menyimpannya ke Recycle Bin dalam waktu 30 hari, file tersebut akan dihapus secara otomatis dan permanen.

Jika tidak ada tindakan yang diambil, file yang terhapus secara tidak sengaja ini akan tetap berada di Recycle Bin dan dapat dipulihkan hanya dalam beberapa klik. Bahkan file yang terhapus sebenarnya dapat dipulihkan oleh pengguna jika recycle bin itu sendiri akhirnya dikosongkan menggunakan aplikasi yang lebih bersih.

File-file penting yang secara otomatis terhapus dari Recycle Bin termasuk dalam ruang yang disediakan oleh sistem dan dapat ditimpa dengan data baru nanti. Sayangnya, banyak pengguna Windows 10 tidak tahu cara memulihkan data mereka, jadi penting untuk membaca ulasan ini sampai akhir.

Baca Juga :  Rekomendasi Saham Teknologi Terbaik Indonesia

Bagaimana Memulihkan Data yang dihapus di Windows 10?

File yang dihapus, hilang, atau dibersihkan secara otomatis dan tidak ditimpa dari Recycle Bin masih sangat mungkin untuk kembali ke lokasi semula. Berikut cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop Windows 10 yang bisa Anda lakukan.

1. Kembalikan Versi Sebelumnya

Cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop windows 10 selanjutnya yang bisa anda praktekkan adalah dengan mengembalikan ke versi sebelumnya. Sebelum menggunakan metode ini, pastikan fungsi file logging diaktifkan. Selain pengguna Windows 10, cara ini juga bisa digunakan oleh pengguna Windows 7 dan Windows 8.

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah untuk mengambil folder yang dihapus secara permanen. Setelah menemukan folder, klik kanan pada folder untuk membuka opsi menu Pulihkan Versi Sebelumnya. Banyak file dan folder mungkin muncul, jadi pilih yang terbaru lalu klik Pulihkan.

2. Akses Command Prompt

Hal selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan akses Command Prompt, atau biasanya singkatan CMD. Penting untuk dicatat bahwa memulihkan file dengan cara ini tidak mengambil tindakan apa pun selama proses berlangsung. Dengan kata lain, itu tidak menyimpan, memindahkan, atau menghapus file apa pun di PC Anda. Hal ini dilakukan agar file tidak menumpuk.

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mengakses command prompt di bar. Ketik cmd, klik kanan dan klik Run as administrator. Kemudian ketik chkdsk X:/f, ganti X dengan huruf drive tempat penyimpanan data yang dihapus. Kemudian klik ATTRIB –H –R –S /S /D X:*.*. Seperti pada proses sebelumnya, ubah X menjadi huruf drive dan proses pemulihan data akan mengikuti.

3. File History

Perlu diketahui bahwa tidak seperti cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop Windows 10 lama, metode menggunakan file cerita ini hanya tersedia untuk pengguna laptop Windows 10 dan mengharuskan pengguna untuk mencadangkan datanya saat menggunakan metode ini. Fungsionalitasnya sama, sehingga Anda dapat melindungi dari kemungkinan kehilangan file lain.

Baca Juga :  Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Begini Caranya

Pada menu Settings, klik Update & Security, lalu klik Backup dan pilih Add Drive. Setelah itu akan muncul partisi harddisk yang digunakan untuk menyimpan data yang telah dibackup. Untuk proses pemulihan file, klik tombol pemulihan hijau di bagian bawah jendela.

4. Recuva

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan Recuva. Ini adalah aplikasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memulihkan file. Tentunya langkah pertama adalah mendownload Recuva ini.

Setelah instalasi selesai, buka Recuva Wizard di komputer Anda, pilih jenis data atau file yang ingin Anda pulihkan, dan klik Next. Pilih folder penyimpanan untuk file yang dihapus untuk menghemat waktu. Selama proses pemindaian, pilih kotak centang Aktifkan Pemindaian Dalam, lalu klik Mulai. Saat file muncul, tandai file yang ingin Anda pulihkan.

5. Lakukan Pencadangan dan Pemulihan

Hal pertama yang dapat dilakukan pengguna adalah memulihkan dan mencadangkan data mereka. Dengan metode ini, pengguna laptop Windows 10 tidak lagi harus berurusan dengan perangkat lunak. Metode ini ditujukan untuk pengguna yang memiliki data cadangan di folder cadangan mereka.

Langkah-langkahnya klik start menu dengan simbol Windows, lalu klik Control Panel lalu pilih System and Maintenance Options. Jika sudah, pilih File Backup and Restore now. Ketika menu Restore My Files muncul, Anda dapat memilih Browse for Files atau browse ke folder. Terakhir, tentukan lokasi atau folder yang akan digunakan untuk menyimpan file yang dipulihkan.

6. Ambil Data yang Hilang

File yang dihapus dari perangkat Windows 10 dapat diambil melalui riwayat. Namun, pengguna harus selalu mencadangkan data mereka untuk melakukan penarikan ini. Proses backup data sendiri dapat diatur melalui update keamanan pada perangkat komputer Anda.

Baca Juga :  Komputer Traktor Mesin Fotocopy Menurut Tujuan Penggunaannya Merupakan Barang Produksi

Anda juga dapat menggunakan penyimpanan eksternal untuk mempermudah mencadangkan dan melindungi data sensitif Anda. Ini dilakukan dengan perlindungan ganda jika Anda membutuhkan file Anda dan komputer Anda disusupi. Penyimpanan eksternal ini bisa berupa harddisk atau flashdisk.

7. Restore Menggunakan Disk Drill

Alternatif lain yang bisa dicoba oleh pengguna Windows 10 adalah dengan menggunakan disk drill untuk mengembalikan data atau file yang terhapus. Disk drill ini sendiri terdiri dari layanan gratis, beberapa di antaranya adalah layanan premium. Tentu saja keduanya memiliki kapasitas penggunaan yang berbeda.

Pada versi gratisnya sendiri, disk drill ini hanya bisa digunakan dengan kuota hingga 500 MB. Ini adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki keunggulan untuk dapat mengelompokkan gerakan selama proses pemindaian. Pengguna Windows 10 diminta untuk memilih jenis data yang ingin mereka pulihkan dan kemudian klik Pulihkan Semua.

8. Menggunakan Minitool Power Data Recovery

Terakhir, tentang cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen dari laptop Windows 10 terdapat software pemulihan data Minitool Power Data Recovery yang memberikan hasil scan yang bersih dan memudahkan pengguna untuk mengenali file yang sebelumnya tidak sengaja terhapus.

Seperti software sebelumnya, aplikasi ini gratis untuk digunakan dan ada juga yang premium. Menariknya, kuota yang disediakan oleh tool ini lebih banyak 1GB dari aplikasi recovery file sebelumnya. Selalu ingat untuk membuat cadangan data Anda untuk menghindari penghapusan otomatis data Anda.

Itu tadi beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen dari laptop Windows 10 yang bisa dilakukan pengguna baik secara manual maupun melalui aplikasi. Jadi, jangan panik jika data Anda terhapus secara permanen. Hal ini karena ada beberapa cara Anda dapat mengembalikan data Anda kembali.