Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah di HP dan Laptop – Pemerintah telah lama memberlakukan aturan tentang memblokir situs atau situs web dengan konten negatif. Namun pada kenyataannya ini masih bisa menipu Anda untuk membuka situs yang diblokir.

Mengingat teknologi semakin maju saat ini, pengetahuan masyarakat tentang dunia internet tidak bisa diremehkan. Situs yang diblokir tetap bisa diakses menggunakan VPN atau tanpa aplikasi tambahan.

Jika Anda kesulitan mengakses konten di Android atau laptop, berikut beberapa cara mudah untuk membuka situs yang diblokir.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Pemerintah sendiri mengatakan bahwa situs tersebut diblokir berdasarkan beberapa kriteria, antara lain perjudian, pelanggaran hak cipta (film/rekaman ilegal), perdagangan ilegal, konten dewasa, dan radikalisme.

Namun anehnya, platform hiburan seperti Reddit juga diblokir. Padahal, konten yang disajikan sangat bermanfaat bagi pengguna untuk berdiskusi dan mencari informasi tentang topik tertentu.

1. Aplikasi Turbo VPN

Jika Anda ingin mengakses situs yang diblokir pemerintah, VPN atau jaringan pribadi virtual mungkin menjadi pilihan utama Anda. Ada banyak VPN dengan berbagai fitur dan keunggulan dalam platform distribusi aplikasi itu sendiri, salah satunya adalah TurboVPN.

Selain gratis, juga sangat mudah untuk membuka situs yang diblokir menggunakan VPN Turbo. Cukup unduh aplikasi dari Google Play atau App Store, pilih negara yang Anda inginkan dan buka situs favorit Anda melalui browser Anda.

Baca Juga :  Teknologi Pangan Artinya Ilmu Terkait Bahan Pangan, Yuk Pelajari Lebih Jauh

2. Menggunakan HMA VPN

HMA adalah platform berbasis proxy VPN yang menyediakan layanan server terbaik untuk mengakses konten situs web apa pun. Didirikan pada tahun 2005, HMA adalah salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

Tidak hanya mudah, tetapi Anda dapat dengan bebas menggunakan HMA tanpa perlu berlangganan. Selain membuka situs yang diblokir, platform ini melindungi pengguna dari serangan hacker dan menjaga privasi.

3. Buka Situs yang Diblokir dengan Betternet

Betternet adalah perangkat lunak VPN gratis yang bekerja dengan semua perangkat termasuk Windows, Mac, iOS dan Android. Betternet sangat cocok untuk menjaga privasi dan membuka dan streaming situs ke internet positif.

Dan bisa menjadi pilihan bagi mereka yang mencari cara mudah untuk membuka situs yang diblokir. Karena gratis, pengguna tidak perlu membuat akun. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi dan mengakses situs sesuai keinginan.

4. Menggunakan Ekstensi di Chrome

Jika Anda enggan mengunduh aplikasi atau menggunakan proxy, Anda dapat menggunakan ekstensi di browser Chrome Anda. Ini juga beberapa cara paling efektif dan termudah untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di Chrome.

Caranya adalah dengan membuka pengaturan dan masuk ke halaman ekstensi. Cari “VPN Browser” dan klik “Tambahkan ke Chrome” untuk memulai proses instalasi. Setelah instalasi selesai, pilih server VPN terbaik dan mulai buka situs favorit Anda.

5. Browser Opera Mini

Opera Mini, tidak seperti browser biasa, memiliki fitur VPN yang memungkinkan situs mengatasi pengalaman internet yang positif. Selain laptop, cara ini juga berlaku untuk ponsel Android.

Cara membuka situs yang diblokir tanpa VPN dengan Opera Mini sangatlah mudah. Pertama, buka browser Anda, klik pada tiga baris di sudut atas, pilih Pengaturan dan temukan VPN di bidang pencarian.

Baca Juga :  Teknologi Medis Adalah : Pengertian Dan Manfaatnya

Jika Anda menemukannya, aktifkan VPN dan buka tab baru. Masukkan alamat URL situs yang terakhir diblokir. Secara umum, metode ini sering digunakan oleh pengguna yang membutuhkan informasi pribadi saat menjelajahi situs di Internet.

6. Menggunakan Google Translate

Berbeda dengan cara sebelumnya dimana anda harus mendownload aplikasinya, disini anda hanya perlu membuka https://translate.google.co.id/ melalui browser anda, masukkan alamat website dan klik linknya.

Fungsi utamanya adalah penerjemah bahasa, tetapi Google Translate juga merupakan cara untuk membuka situs yang diblokir pemerintah. Namun, dalam beberapa ulasan, metode ini tidak berfungsi pada perangkat tertentu.

7. Ubah Server DNS untuk Membuka Situs yang Diblokir

Juga, jika Anda ingin buka situs yang diblokir di laptop Anda, Anda dapat mengubah pengaturan server DNS di panel kontrol. Cara ini terbukti sangat efektif dan sering menjadi pilihan pertama bagi pengguna yang enggan menggunakan VPN.

Untuk langkah-langkahnya, lihat uraian di bawah ini:

  • Pertama pergi ke panel kontrol.
  • Kemudian buka Jaringan dan Pusat Berbagi.
  • Klik opsi Ubah pengaturan adaptor.
  • Kemudian klik kanan pada jaringan yang terhubung dan pilih Properties.
  • Klik dua kali opsi “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”.
  • Kemudian klik “Gunakan DNS berikut…”.
  • Masukkan 1.1.1.1 di bidang Server DNS Pilihan.
  • Di baris Server DNS Alternatif, masukkan 1.0.0.1.
  • Jika ya, klik OK.
  • Kemudian kembali ke properti.
  • Lakukan hal yang sama untuk “IP Versi 6 (TCP/IPv6)”.
  • Namun pada kolom pertama isi dengan 2606:4700:4700::1111.
  • Isikan 2606:4700:4700::1001 sedangkan pada kolom kedua.

Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan dan tutup Control Panel. Sekarang coba buka situs yang diblokir menggunakan browser Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, Anda tidak akan melihat notifikasi internet positif.

Baca Juga :  Teknologi Medis di Tengah Pandemi

8. Gunakan Situs Web Proxy

Jika metode di atas tidak berhasil, Anda harus melakukannya di situs web proxy. Kata kunci Google ‘situs web proxy’. Buka tautan pertama, masukkan URL situs web yang diblokir dan klik Buka. Situs web proxy memindai konten yang diblokir.

Bagaimana cara kerja situs web proxy?

Konsepnya sederhana. Proxy akan menggantikan IP Anda dengan IP-nya sendiri. Jadi, alih-alih meminta halaman secara langsung, pertama-tama ia mengirim permintaan ke situs web proxy dan kemudian meneruskan permintaan ke situs web yang diblokir.

Namun, otoritas Anda juga dapat dengan mudah memblokir situs web proxy. Jadi, semakin tidak populer situs proxy Anda, semakin besar kemungkinan itu akan berfungsi.

Kesimpulan

Bahkan jika pemerintah memblokir domain, Anda masih dapat membuka situs untuk mengakses video, audio, dan konten. Anda juga dapat menggunakan semua metode di atas secara gratis tanpa biaya berlangganan.

Cara mudah untuk membuka situs yang diblokir melalui VPN atau tanpa aplikasi tambahan. Masing-masing telah dicoba sebelumnya dan berfungsi di semua perangkat termasuk Android, iOS, Windows.