Mengembangkan aplikasi seluler yang hebat dan mengunggahnya ke toko aplikasi bukanlah langkah mudah menuju sukses. Membuat aplikasi kaya fitur saja tidak cukup.

Untuk mendapatkan jumlah unduhan yang banyak, pengguna perlu mengetahui lebih banyak tentang aplikasi Anda dan biasanya hanya mengunduh aplikasi yang berada di bagian atas grafik.

Ini membutuhkan pengalihan fokus ke aplikasi seluler baru dan memastikan bahwa aplikasi tersebut mendapat perhatian yang berharga. Dan di sinilah sebagian besar pengembang dan pemilik bisnis terjebak atau gagal.

Ada banyak aplikasi seluler yang tetap ada di App Store, tidak digunakan dan tidak pernah terdengar. 77% pengguna tidak lagi menggunakan aplikasi setelah menginstal, meskipun mereka menemukan dan mengunduhnya. Jika aplikasi seluler tidak dapat membuat pengguna tetap terlibat, durasinya akan kurang dari satu menit.

Tetapi apakah ini berarti bahwa setiap pemilik aplikasi dengan anggaran promosi yang layak tidak akan pernah bisa menang? Meskipun tidak ada bisnis aplikasi seluler yang dapat menjamin kesuksesan 100%, mengoptimalkan strategi go-to-market Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda.

Mari kita lihat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran aplikasi seluler sebelum dan sesudah peluncuran.

Berinvestasi dalam riset pasar:

Meneliti pemain kunci dalam kategori yang akan dimainkan oleh aplikasi seluler Anda pasti akan memberi Anda wawasan yang bagus tentang apa yang dicari pengunjung Anda di aplikasi Anda.

Apa nama aplikasinya? Apakah mereka mudah diingat? Kata kunci apa yang ditampilkan oleh peringkat aplikasi? Semua analisis ini bisa sangat berguna untuk mempromosikan aplikasi Anda dan menjangkau audiens yang tepat.

Untuk memulai, buat lembar Excel yang mencantumkan fitur utama untuk memposisikan aplikasi Anda dalam menghadapi persaingan pasar. Ini pasti akan membantu Anda mengetahui apakah ada fitur khusus yang pernah digunakan pesaing Anda tetapi terlewatkan.

Baca Juga :  10 Game Penghasil Uang Langsung Masuk ke Rekening 2022

Saat menyiapkan strategi pemasaran, pemasar sering mengabaikan kekuatan ulasan pelanggan. Jadi, catat semua komentar baik dan buruk untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan dari aplikasi seluler Anda.

Berikut tanggapannya:

Selama pengembangan aplikasi, tujuannya adalah untuk memperkenalkan fitur hebat yang akan membuat aplikasi Anda berjalan dengan sukses di pasar.

Namun, saat melakukan ini, penting untuk mengirimkan aplikasi Anda untuk pengujian beta, yang akan memberi Anda opsi pertama untuk mendapatkan ulasan atau umpan balik yang tidak bias dari audiens target Anda.

Ini akan membantu Anda menargetkan audiens dan saluran yang mereka gunakan untuk menjangkau aplikasi Anda. Mempekerjakan penguji beta akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang terkait dengan pengembangan aplikasi seluler pra-peluncuran.

Pemasaran Aplikasi Instan:

Menyelesaikan pekerjaan pengembangan aplikasi seluler Anda dan merilisnya mungkin tampak seperti prioritas utama, tetapi Anda perlu memastikan bahwa orang-orang menemukan aplikasi Anda setelah dirilis.

Merencanakan upaya pemasaran untuk aplikasi Anda adalah salah satu area yang paling diabaikan, dan ini adalah kesalahan yang dilakukan sebagian besar tim pemasaran. Ini berisiko karena merekalah yang terlambat terlibat dan merencanakan strategi masuk ke pasar mereka.

Daftar periksa aktivitas yang harus disertakan dalam rencana pemasaran Anda:

  • Pengoptimalan App Store
  • Pelajari tentang USP aplikasi Anda atau apa yang membuat aplikasi Anda unik
  • Pilih nama aplikasi yang mudah diingat dan mudah dicari.
  • Pilih kata kunci yang peringkatnya lebih tinggi.
  • Tulis deskripsi yang dengan jelas mengomunikasikan pesan utama aplikasi Anda

Rencanakan tanggal rilis aplikasi Anda sebelumnya.

Dorongan untuk merilis aplikasi Anda segera setelah pengkodean akhir selesai dapat dimengerti, tetapi merencanakan tanggal rilis sebelumnya akan memastikan Anda mendapatkan liputan pers yang memadai dan menyimpan catatan rilis di saluran media sosial lainnya.

Baca Juga :  7 Aplikasi Foto Grid dan Foto Kolase Terbaik

Pemasar sering harus berurusan dengan penundaan penyelesaian proyek dan tenggat waktu dan sering berakhir dengan tanggal peluncuran yang tidak direncanakan.

Anda harus menyimpan rak tanggal rilis agar tidak bertepatan dengan tanggal rilis aplikasi lain. Karena itu penting bahwa aplikasi mendapat perhatian yang cukup selama periode waktu itu.

Lebih fokus pada keterlibatan dan retensi pengguna:

Anda mungkin memiliki cukup uang untuk diinvestasikan dalam aplikasi Anda, tetapi memperoleh pengguna yang membayar seharusnya tidak menjadi strategi pemasaran utama Anda.

Menginvestasikan sedikit uang untuk mengunduh aplikasi Anda baik-baik saja, tetapi sangat penting untuk fokus pada keterlibatan dan retensi pengguna dalam jangka panjang. Yang lain akan segera turun. Jadi, temukan saluran pembayaran yang paling cocok untuk Anda dan gunakan dengan strategi pemasaran Anda.

Lebih memperhatikan dukungan pelanggan.

Aplikasi Anda bisa menjadi sangat populer dan memiliki jutaan pengguna, tetapi jika Anda tidak memberikan dukungan pelanggan yang tepat, kemungkinan besar Anda akan meninggalkannya dan beralih ke aplikasi lain.

Oleh karena itu, dari mulut ke mulut juga merupakan alat pemasaran yang kuat, sehingga setiap pengguna harus ekstra hati-hati karena dapat merugikan jika tidak diberikan perhatian yang tepat kepada pengguna.

Untuk semua masalah, pemasar dapat merespons langsung ke pelanggan di Google Play. Penting untuk segera menanggapi permintaan pelanggan pada hari yang sama dan memberikan dukungan melalui email untuk menyelesaikan masalah secara pribadi.

Paket monetisasi aplikasi:

Tidak semua aplikasi seluler ditujukan untuk monetisasi. Meskipun ada banyak aplikasi internal yang dikembangkan untuk tim penjualan internal perusahaan besar, banyak aplikasi seluler, seperti game dan e-niaga, digunakan untuk terlibat secara digital dan memotivasi orang untuk mencapai tujuan mereka, yang memungkinkan pemilik produk menghasilkan pendapatan Ini membantu untuk mengangkat.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Convert Pulsa Ke ATM

Pemilik bisnis harus bekerja dengan perusahaan pengembang aplikasi seluler terkenal yang dapat memberikan solusi seluler ujung ke ujung seperti desain, strategi, dan rekayasa untuk membangun produk hebat yang memberikan kesenangan bagi pengguna.

Membuat strategi masuk ke pasar sangat penting untuk keberhasilan aplikasi seluler Anda. Karena itu sangat meningkatkan peluang Anda untuk menghindari jebakan paling umum yang menyebabkan kegagalan.

Jadi, pikirkan dan jalankan strategi peluncuran yang tepat untuk memastikan bahwa produk Anda mencerminkan seberapa matang dan kaya fitur produk Anda di pasar.