Bingung Cara Mencari Teman di Telegram – Seiring perkembangan zaman, jejaring sosial pun terus mengembangkan sayapnya. Telegram telah meningkat popularitasnya akhir-akhir ini.

Banyak pengguna mencari cara untuk memperluas koneksi mereka dengan mencari teman di Telegram. Dengan logo kertas berbentuk pesawat terbang, aplikasi ini menempati urutan teratas aplikasi obrolan terpopuler.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah aplikasi untuk mengirim pesan yang dibuat oleh dua bersaudara Rusia, Nikolai Durov dan Pavel Durov. Sebelum menjadi Telegram, keduanya membuat jejaring sosial bernama Vkontakte, yang kemudian diakuisisi oleh sekutu Putin pada 2014.

Setelah itu, Nikolai membuat ulang protokol untuk platform digital untuk pengiriman pesan. Saudaranya Pavel mendanai dan mendukung infrastruktur hingga Telegram akhirnya diluncurkan. Aplikasi ini memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Telegram mendukung 9 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Untuk pengguna Android, Anda dapat mengunduh Telegram yang berukuran 23 MB. Untuk iOS lebih besar 180,3 MB dan untuk Windows Phone 49,3 MB. Telegram gratis, berbasis cloud, dengan fitur yang layak dan relatif mudah digunakan. Pada Januari 2021, Telegram mengatakan memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif.

Cara Mencari Teman di Telegram dengan Fitur Orang Terdekat

Setelah berhasil mengunduh Telegram, pengguna harus mulai mencari teman agar dapat menggunakan aplikasi dengan baik. Opsi pertama adalah menggunakan fitur “Orang Dekat” atau “Orang Dekat” untuk mencari teman di Telegram. Pengguna dapat menemukan teman dengan menampilkan pengguna lain di lokasi terdekat dengan cara berikut:

Baca Juga :  5 Saran AC Low Watt Terbaik 2021

1. Unduh dan Jalankan Aplikasi

Buka aplikasi Telegram di perangkat Anda. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduhnya melalui App Store seperti Play Store. Setelah berhasil mendownload, daftar di media sosial lainnya termasuk memasukkan nama, nomor ponsel, email aktif dan informasi penting lainnya.

2. Buka Menu

Mulailah mencari teman dengan membuka menu yang tersedia di Telegram. Ada ikon tiga garis di sudut kiri atas. Setelah mengklik ikon, Anda akan melihat beberapa opsi seperti grup, kontak, panggilan, pengaturan, dan lainnya.

Cara mencari teman di Telegram selanjutnya adalah dengan menemukan fitur bernama “Nearby” di opsi “Call”. Tujuan dari fitur ini adalah untuk mencari teman baru tanpa nomor telepon.

3. Cari Teman

Mulailah mencari teman baru di lokasi tersebut. Pengguna dapat langsung melihat daftar nama semua orang di area yang dekat dengan mereka. Jumlahnya dapat bervariasi tergantung pada lokasi Anda.

4. Perbanyak Teman

Jika Anda ingin mencari lebih banyak teman, silakan ketuk menu “Lainnya”. Semakin jauh ke bawah daftar, semakin besar jaraknya. Pengguna akan mengetahui seberapa jauh jarak seorang teman karena ditampilkan di bawah nama teman tersebut.

5. Buka ppofil teman Anda

Pilih kontak yang ingin Anda temui. Lakukan ini dengan membuka profil pengguna untuk melihat informasi tambahan. Fitur ini memungkinkan nama pemegang akun muncul di daftar orang lain juga. Jika Anda tidak ingin menampilkannya dalam daftar, Anda dapat mengeklik opsi “Berhenti menampilkan saya”.

6. Kirim Pesan

Kirim pesan untuk memulai percakapan dengan teman yang telah dipilih sebelumnya. Metode mencari teman di Telegram ini berfungsi dengan baik jika Anda melakukan percakapan untuk mengenal lebih banyak. Untuk mengirim pesan, klik ikon pesan di sebelah gambar profil teman.

Baca Juga :  6 Cara Paling Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

7. Tambahkan Teman ke Kontak

Tambahkan teman yang mengobrol dengan Anda ke daftar kontak agar Anda dapat dengan mudah menemukannya saat mengobrol nanti. Cukup klik “Tambahkan Teman ke Kontak” di bagian atas obrolan. Masukkan nama teman Anda di kolom yang tersedia dan simpan. Selesai, sekarang teman Anda sudah masuk ke daftar kontak Anda.

Bagaimana Menemukan Teman di Telegram dengan Fitur Anonim

Selain menggunakan fitur pencarian terdekat, Telegram juga menawarkan fitur lain yang memudahkan pengguna menemukan teman baru, seperti anonimitas. Pengguna bisa mencari teman dengan mengandalkan bot bernama “Anonymous Chat” yang sering digunakan di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Telegram

Luncurkan aplikasi Telegram di perangkat Anda, lalu cari simbol kaca pembesar di pojok kanan menu utama. Klik pada logo untuk memulai pencarian. Masukkan “Chatbot” di kolom yang disediakan dan Anda akan melihat akun dengan logo bertopeng “Chat Anonymous”.

2. Mulai Mengobrol

Tekan “Mulai” untuk mulai mengobrol. Fungsi bot ini adalah untuk mengumpulkan pengguna secara acak (random) sehingga mereka bisa datang dari mana saja dengan mengetik /search. Pengguna dapat mengobrol dengan orang itu secara anonim.

3. Ngobrol dengan Pasangan Anda

Jika Anda melihat kata “Mitra ditemukan”, itu berarti Anda telah berhasil terhubung dengan pengguna lain. Pengguna dapat mulai menyapa dan menjadi ramah dan mulai mengobrol untuk lebih dekat. Namun, jika Anda belum bertemu dengan mitra obrolan, Anda dapat masuk ke /next. Anda juga dapat mengetik /berikutnya untuk menemukan teman lain.

4. Akhiri Percakapan

Ketik /stop untuk mengakhiri percakapan. Jika orang lain mengakhiri percakapan terlebih dahulu, Anda dapat mengetuk “Temukan Mitra” jika Anda ingin mencari mitra obrolan lain. Pengguna dapat mengetik “bot anon” untuk mencari bot yang berbeda dan kemudian mencoba satu per satu sampai mereka menemukan yang cocok.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengetahui Lokasi HP yang Hilang

Cara Mencari Teman Secara Manual di Telegram

Cara sederhana lain untuk menemukan teman adalah dengan menambahkan kontak Anda sendiri. Cukup bergabung dengan grup atau ikuti saluran kami. Tentu saja, ada banyak pengguna lain di sini, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk bertemu orang baru.

1. Bergabunglah dengan Grup

Saat bergabung dengan grup, pengguna dapat menemukan teman baru melalui daftar anggota yang mengikuti grup. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik menu “Cari”.
  • Masukkan nama grup yang Anda cari.
  • Pilih dan buka grup dan tekan “Gabung”.
  • Buka grup dan klik profil grup. Berikut adalah nama-nama semua anggota yang terdaftar.
  • Anda dapat memulai percakapan dengan teman baru dengan mengeklik profil orang yang ingin Anda jadikan teman, lalu mengeklik “Tambahkan ke Kontak”.

2. Ikuti Channelnya

Telegram memiliki beberapa saluran yang berfokus pada membahas hal-hal tertentu berdasarkan minat dan preferensi Anda. Berikut cara mencari teman di Telegram melalui saluran.

  • Tekan menu “Cari”.
  • Masukkan nama saluran yang Anda cari di Telegram.
  • Pilih, lalu buka saluran dan klik “Gabung”.
  • Buka halaman chat di channel kamu, lalu klik kolom komentar di channel Telegram kamu.
  • Pilih dan kemudian buka profil orang lain yang ingin Anda jadikan teman.
  • Ketuk “Tambahkan ke Kontak” untuk menyimpan kontak pengguna yang dipilih sehingga teman Anda dapat mulai mengobrol.

Demikian pembahasan tentang Telegram, aplikasi berbasis chat gratis yang digunakan di seluruh dunia. Dari sejarah singkat cara mencari teman di Telegram, hingga fitur-fitur yang ditawarkannya. Aplikasi yang diluncurkan oleh Telegram FZ-LLC difokuskan pada kecepatan dan keamanan, sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mahir dan privasi terjamin.