Pemerintah berupaya keras menyalurkan bansos (Bansos) kepada sasaran yang tepat karena banyak dikeluhkan masih banyak masyarakat yang berhak mendapatkan bansos namun tidak dapat menerima bansos dari pemerintah.

Di sisi lain, ada banyak pendapat bahwa ada keluarga kaya tetapi didukung secara sosial, yang akhirnya muncul sebagai rumor di masyarakat.

Untuk itu, Kementerian Sosial (Kemensos) menawarkan aplikasi cek Bansos yang dapat membantu masyarakat memperoleh informasi tentang keikutsertaannya dalam Bantuan Sosial (BPNT, BST dan PKH).

Selain itu, mereka yang telah mendaftar di aplikasi bansos dapat menerima bansos dengan mendaftarkan diri dan tetangganya dengan menggunakan fitur ‘Usul’. Bagaimana cara saya mendaftar? Lihat selengkapnya di bawah ini:

Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek bansos

Jadi, melalui menu fitur ‘Usul’ aplikasi cek bansos ini, Anda bisa membantu masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial untuk mendaftarkan diri, atau melihat tetangga yang berhak mendapatkan bantuan namun belum terdaftar di jaminan sosial. Begini caranya:

  1. Jika tidak bisa mendownload langsung dari sini, pastikan sudah mendownload aplikasi Cek Bansos.
  2. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membuat akun terlebih dahulu.
  3. Setelah lolos verifikasi akun, masuk ke menu daftar proposal dan pilih tombol Tambah proposal
  4. Siapkan data-data seperti nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kesesuaian Capil Bebek, Kesesuaian Daerah dengan Pengusul, dan Kartu Keluarga.
  5. Jika Anda ingin melamar keluarga Anda sendiri, status Anda sama dengan 1KK.
  6. Kemudian semua kolom dalam formulir pendaftaran harus diisi dengan data yang benar sesuai dengan KTP Anda.
  7. Semua data yang dimasukkan harus sesuai dengan data kependudukan, karena kolom pada menu saran identik dengan menu pendaftaran dan cocok langsung dengan data Dukafil.
  8. Muncul hanya jika NIK yang dimasukkan pada menu pilihan Bansos memiliki data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).
  9. Setelah itu, mereka yang mendaftarkan diri atau tetangganya untuk menerima bansos di menu saran ini hanya perlu mengikuti tata cara penyaluran bansos di pemerintah daerah.
Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik 2022

Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.