Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencairkan bantuan sosial atau program bansos bantuan pangan non tunai (BPNT/Kartu Sembako) sebesar Rp600.000 mulai 1 Maret 2022.

Untuk itu, segera cek daftar penerima bansos yang memenuhi syarat di situs Cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk Kartu Bantuan Sosial (BPNT)/Sembako Rp600.000, pembayaran akan dipercepat mulai Februari 2022 dan berlanjut hingga awal Maret 2022.

Untuk itu, bagi yang sudah tergolong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat memberikan tanda pengenal (KTP) sebelum memeriksa daftar penerima bantuan sosial di Cekbansos.kemensos.go.id.

Pasalnya, data KPM sesuai KTP nantinya diproses oleh sistem Cekbansos.kemensos.go.id untuk memastikan status penerimaan kartu BPNT/Sembako Bansos.

Berikut yang bisa Anda ikuti secara lengkap cara cek penerima bansos di Cekbansos.kemensos.go.id.

– Siapkan ID Anda.

– Akses situs Cekbansos.kemensos.go.id.

– Kemudian pilih provinsi, kota, kecamatan, dan kota tempat tinggal Anda.

– Selanjutnya isikan nama sesuai data NIK KTP.

– Kemudian masukkan kode 8 digit yang tertera pada kotak kode.

– Jika tidak jelas, klik lagi kotak kode untuk mendapatkan kode baru.

– Kemudian klik tombol Cari.

– Sistem Cekbansos.kemensos.go.id mencocokkan nama KPM, kolom yang diinput dan membandingkannya dengan nama yang ada di database Kemensos.

Perlu diketahui, total bansos sebesar Rp600.000 merupakan alokasi bantuan kartu sembako/BPNT selama 3 bulan. Pasalnya, setiap bulan KPM bertambah Rp. Karena Anda layak mendapatkan 200.000.

Namun, Kementerian Sosial menerapkan kartu bansos untuk kebutuhan sehari-hari/BPNT pada bulan Januari, Februari dan Maret.

Mulai Februari hingga Maret 2022, dalam pembayaran kartu bansos/BPNT Rp600.000 untuk kebutuhan sehari-hari, KPM tidak perlu menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Selain itu, KPM harus membayar kartu Sembako/BPNT melalui kantor pos. Jadi tidak melalui Himbara Bank.

Baca Juga :  Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Online 2022 Untuk Siswa SD, SMP, dan SMA Dapat Rp 4,4 Juta

Sejauh ini, percepatan penyaluran bansos, termasuk kartu BPNT/Sembako, rata-rata di atas 30%.

Pemerintah menargetkan 100% angka penetrasi kartu bansos Sembako/BPNT pada minggu pertama Maret 2022.

Untuk tanggal pastinya, pemerintah menargetkan 3 Maret 2022 apakah larangan PKH atau BPNT/Sembako sudah sepenuhnya diterapkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengarahkan agar penyaluran bansos dipercepat agar bansos dapat selesai pada akhir Februari.

Untuk itu, pemerintah berupaya memaksimalkannya dengan menempuh berbagai langkah efektif melalui kementerian terkait untuk mencapai tujuan tersebut.

Cara cek daftar penerima bansos penarikan kartu BPNT/Sembako Rp600.000 bulan Maret 2022 dari link yang ada dibawah ini.

[button color=”green” size=”medium” link=”https://cekbansos.kemensos.go.id/” icon=”” target=”false”]Cek Bansos Disini[/button]