Secara tradisional, kita cenderung mengasosiasikan teknologi dengan generasi muda, tetapi orang yang lebih tua secara mengejutkan mahir dalam teknologi modern. Misalnya, 59% orang Amerika berusia 65 tahun ke atas sedang online dan 77% dari populasi ini menggunakan ponsel.

Faktanya, 23% dari populasi ini aktif bermain game menggunakan ponsel, komputer, atau sistem game mereka.

Angka ini tidak hanya menunjukkan penggunaan teknologi yang signifikan, tetapi juga berkembang.

Tablet khususnya adalah contoh teknologi modern yang dapat digunakan oleh banyak orang tua dengan sangat efektif.

Istilah tablet mengacu pada komputer berbasis layar sentuh yang ringan dan mudah dibawa. IPad adalah salah satu contoh yang lebih dikenal, meskipun ada banyak contoh lainnya.

Karena tablet adalah sejenis komputer, ia memiliki sistem operasi sendiri dan dapat menjalankan banyak aplikasi (aplikasi), termasuk berbagai game.

Tablet bervariasi dalam ukuran layar dari sekitar 5 inci hingga sekitar 10 inci, dengan ukuran layar mulai dari 7 hingga 10 inci yang paling umum.

Sebagian besar tablet menjalankan sistem operasi Apple atau Android. Banyak aplikasi tersedia di toko untuk kedua jenis tablet, tetapi beberapa hanya tersedia di salah satu toko. Sebagian besar aplikasi yang dibahas di sini berasal dari kedua toko, dan saya menentukan kasus di mana ini tidak terjadi.

Antarmuka layar sentuh perangkat ini cenderung relatif mudah dipelajari oleh orang tua dan banyak dari mereka cenderung sangat mudah memahami apa yang harus dilakukan. Tablet yang lebih besar cenderung memiliki ukuran font yang lebih besar dan tombol yang lebih besar di layar, jadi tablet ini paling cocok untuk orang yang lebih tua, terutama pengguna dengan gangguan penglihatan.

Banyak orang mencoba menemukan aplikasi Apple atau Android terbaik untuk manula, tetapi dengan begitu banyak pilihan, ini bisa menjadi tugas yang cukup membingungkan.

Tablet aplikasi

Untuk pengasuh dan orang tua, tablet bisa menarik dalam banyak hal.

Salah satu aspek penting adalah bahwa bermain di tablet dapat membuat orang tua tetap aktif secara mental, terutama karena beberapa permainan dapat menjadi tantangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas kognitif mungkin menjadi salah satu komponen kunci yang membantu mengurangi efek negatif penuaan pada kognisi. Daya tarik lainnya adalah bahwa game tablet dapat memberikan hal-hal yang dapat dilakukan orang tua di waktu luang mereka, sehingga mereka dapat menghibur mereka.

Ada banyak jenis permainan yang tersedia untuk tablet, jadi dengan sedikit pencarian Anda dapat menemukan permainan yang cocok untuk semua manula. Ini bisa menjadi sangat penting bagi pengasuh yang ingin istirahat.

Aplikasi tablet juga dapat menjadi cara untuk membuat orang tua tetap terlibat secara sosial, karena beberapa game memungkinkan banyak pemain untuk online atau untuk memfasilitasi komunikasi antarpribadi. Demikian juga, para senior memainkan permainan yang sama satu sama lain dan saling memberi kesempatan untuk membicarakan permainan tersebut.

Mengajar dan belajar

Seperti yang Anda duga, tablet memiliki sedikit kurva belajar.

Beberapa orang dewasa yang lebih tua akan dapat dengan mudah memahami cara menggunakan tablet dan game. Orang lain akan membutuhkan lebih banyak instruksi.

Hal terpenting untuk diajarkan kepada senior Anda adalah dasar-dasar berinteraksi dengan tablet.

Tablet ini menggunakan layar sentuh yang mudah dipahami. Namun, orang yang lebih tua perlu mempelajari cara menyentuh layar dan bagaimana tindakan mereka memengaruhi perangkat mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Orang yang lebih tua sering belajar menggunakan layar sentuh dengan relatif mudah, tetapi terkadang mereka merasa tugas tertentu sulit.

Misalnya, seorang wanita tua yang saya kenal dapat menggunakan tabletnya untuk beberapa game tanpa bantuan, tetapi dia masih kesulitan membuka kunci tabletnya.

Demikian pula, Anda mungkin perlu mengajarkan beberapa konsep beberapa kali.

Beberapa orang dewasa yang lebih tua mungkin memahami permainan secara intuitif, sementara yang lain mungkin perlu belajar cara memainkan permainan tertentu. Ini bisa menjadi masalah duduk bersama mereka dan mengikuti mereka tidak peduli permainan baru apa yang mereka mulai.

Pada akhirnya, ini adalah sesuatu yang harus dipahami berdasarkan kasus per kasus. Ketika orang tua menjadi mahir dengan penggunaan tablet, mereka akan merasa lebih mudah untuk memilih game baru dan umumnya membutuhkan lebih sedikit bantuan.

Baca Juga :  Begini Cara Daftar Bansos Via Aplikasi Cek Bansos! Harus Punya KTP dan KK

Pilih aplikasi dan game tablet

Aplikasi dan game untuk tablet menakutkan.

Misalnya, beberapa kategori termasuk teka-teki, kata, kasual, kartu dan permainan papan, tetapi tidak lebih aplikasi praktis seperti pemutar audiobook dan pembaca ebook.

Bahkan mencoba untuk menemukan beberapa aplikasi yang cocok bisa sangat melelahkan. Rekomendasi dalam artikel ini adalah untuk berbicara dengan manula dan keluarga mereka, menjelajah online, dan mencari tahu aplikasi mana yang terbaik untuk mereka.

Banyak orang tua dapat memainkan game apa pun, tetapi di sini kami fokus pada aplikasi yang relatif mudah dipilih dan dipelajari untuk mengakomodasi orang dewasa yang lebih tua yang mungkin kesulitan dengan beberapa elemen penggunaan tablet.

Posting ini memperkenalkan berbagai aplikasi hiburan dan praktis untuk perangkat Android dan Apple, dan juga menjelaskan fitur-fitur yang membuat beberapa aplikasi lebih cocok untuk orang tua di keluarga Anda daripada yang lain. Semua aplikasi yang dibahas adalah gratis, kecuali dinyatakan lain.

Ada banyak aplikasi lain di luar sana, tetapi daftar ini bisa menjadi titik awal yang baik untuk mentransisikan orang dewasa yang lebih tua ke tablet.

Game kasual

Angry Birds Rio (untuk Apple dan Android) adalah gim teka-teki, tetapi kontrolnya yang sederhana dan grafisnya yang menyenangkan menjadikannya pilihan yang tepat untuk para manula. Tujuan utama gim ini adalah menggunakan ketapel dan menghancurkan bangunan dan ada banyak gim lain di jajaran Angry Birds, semuanya sangat mirip. Seperti banyak game, aplikasi ini, apakah berhasil atau tidak, beberapa orang tua akan menyukainya dan beberapa orang tua tidak akan peduli sama sekali.

Farmville 2: Country Escape (untuk Apple dan Android) adalah game bertani yang berfokus pada menanam tanaman dan menghasilkan uang. Farmville telah mengumpulkan audiens yang besar melalui Facebook, dan aplikasi khusus ini adalah penawaran tablet Farmville. Permainan ini membutuhkan strategi, pemahaman bacaan dan perencanaan, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua manula. Tapi saya tahu senior yang suka bermain game dan cara mereka membuat Anda berpikir. Gim ini juga memiliki elemen sosial di mana pemain dapat bergabung dalam koperasi untuk saling membantu dan mengobrol. Saya telah melihat pemain begitu asyik mengobrol sehingga mereka hampir tidak menyentuh sisa permainan.

Peggle Blast (untuk Apple dan Android) sulit dijelaskan, tetapi gim ini pada dasarnya melibatkan penggunaan bola untuk melumpuhkan pasak. Peggle mungkin tampak rumit pada awalnya, tetapi gim ini mudah dimainkan, tidak berantakan, dan sangat menyenangkan. Peggle Blast adalah versi gratis dari gim ini dan memiliki pembelian dalam aplikasi. Gim asli dan sekuelnya (Peggle dan Peggle Nights) juga tersedia untuk Android dan Apple. Versi ini mahal untuk dibeli, tetapi lebih baik dalam jangka panjang.

Sims Freeplay (untuk Apple dan Android) adalah versi dari waralaba Sims, tetapi kebanyakan orang tua mungkin belum pernah mendengar tentang waralaba tersebut. Ini adalah permainan berbasis tugas di mana pengguna membuat keluarga dan mengirim karakter (Sims) ke tugas. Ini membutuhkan lebih sedikit strategi daripada Farmville, tetapi kedua game mengharuskan Anda untuk menunggu tugas selesai. Ini adalah pendekatan umum di banyak game serupa, dan memungkinkan gameplay nyaman yang diatur dan dimulai ulang nanti.

Block Puzzle

Block Puzzle (untuk Android) adalah permainan puzzle di mana pengguna harus mencocokkan balok dengan bentuk. Ini mudah dimengerti, tetapi bisa sulit karena orang-orang maju melalui permainan. Aplikasi khusus ini tampaknya hanya untuk Android, tetapi ada banyak aplikasi serupa di toko Android dan Apple.

Clevermind ($2,99 dari Apple) dirancang khusus untuk penderita penyakit Alzheimer. Ini mencakup berbagai fitur untuk hiburan, seperti permainan, kuis, dan buku harian. Aplikasi ini juga memungkinkan interaksi suara dan dapat digunakan untuk menjelajahi internet dengan cara yang lebih ramah pengguna.

Jigsaw Puzzles Epic (untuk Apple dan Android) memiliki banyak aplikasi serupa, tetapi merupakan pilihan tablet yang bagus untuk teka-teki. Teka-teki jigsaw adalah pilihan yang fantastis untuk manula, dan melakukannya di tablet adalah pilihan yang lebih mudah daripada mengambil ruang tamu Anda dengan teka-teki. Jigsaw Puzzles Epic adalah aplikasi gratis yang dilengkapi dengan banyak teka-teki. Pengguna dapat memilih berapa banyak potongan puzzle yang mereka miliki (4 hingga 400) dan apakah mereka dapat memutar potongan puzzle. Anda dapat membeli lebih banyak teka-teki dari toko dalam game, tetapi teka-teki gratis bertahan lebih lama untuk sebagian besar pengguna.

Baca Juga :  Nada Dering Whatsapp Bisa Sebut Nama Kontak

Teka-teki Pencarian Kata (untuk Apple dan Android) adalah salah satu dari banyak aplikasi pencarian kata di pasaran. Teksnya besar dan mudah digunakan, menjadikannya pilihan yang baik untuk manula. Namun, karena tidak ada kesulitan pengaturan, mungkin tidak bekerja untuk semua orang.

Words With Friends (untuk Apple dan Android) adalah gim sosial berbasis giliran seperti Scrabble. Elemen sosial dari game ini berasal dari cara Anda bergiliran bermain dengan orang lain. Gim ini juga memberi Anda kemampuan untuk mengobrol dengan orang yang Anda hadapi, yang dapat berguna jika senior Anda bermain dengan teman mereka. Versi gratisnya memiliki iklan, yang bisa menyakitkan, tetapi aspek sosial dari gim ini dapat menarik bagi orang yang lebih tua.

Aplikasi hiburan

Ada banyak aplikasi lain dengan fitur serupa, tetapi Kindle (untuk Apple dan Android) adalah contoh pembaca e-book. Kindle dapat menjadi pilihan yang baik karena membeli buku melalui aplikasi (atau online) relatif sederhana dan seringkali dengan harga yang terjangkau. Anda sebenarnya dapat membeli aplikasi Kindle dari toko Amazon. Sebagian besar aplikasi membaca eBook memiliki opsi untuk mempermudah membaca, seperti memperbesar ukuran font atau mengubah kontras. Jenis aplikasi ini bisa menjadi cara yang bagus bagi orang tua untuk membaca dan mengubah buku apa pun menjadi buku cetak besar.

Audible (untuk Apple dan Android) adalah salah satu dari banyak aplikasi untuk memutar buku audio. Sama seperti Kindle, aplikasi ini memudahkan pembelian buku, dan Kindle serta Audible terhubung dengan Amazon. Buku bisa sedikit mahal, tetapi Audible menawarkan paket bulanan yang memberi pengguna satu buku audio per bulan dan diskon 30% untuk semua buku audio lainnya. Ini adalah pilihan yang bagus untuk orang dewasa yang lebih tua yang mengalami kesulitan membaca (atau tidak mau).

Meskipun berbasis keanggotaan ($7,99/bln), Netflix adalah cara yang bagus bagi manula untuk menonton film dan acara TV. Pesaing Hulu juga merupakan pilihan yang baik (Hulu Plus adalah $7,99 per bulan, Hulu dasar gratis). Itu karena Hulu sering menawarkan lebih banyak acara klasik daripada penawaran Netflix. Jika Anda bergabung dengan jaringan, Anda dapat mengakses aplikasi lain seperti HBO Go yang dapat mengalirkan konten dari jaringan tertentu. Kedua aplikasi ini untuk perangkat Apple dan Android.

Aplikasi lain

Big Launcher ($ 10,00 untuk Android) membuat layar beranda baru untuk perangkat Android dengan ikon yang jauh lebih besar. Ini dapat meningkatkan keterbacaan pada perangkat, terutama bagi orang tua yang kesulitan melihat ikon pada perangkat yang lebih kecil. Versi demo aplikasi juga tersedia. Faktanya, ini adalah salah satu dari sedikit aplikasi Apple atau Android lama yang dirancang khusus untuk populasi ini, dan CleverMind (di atas) yang lain.

Pilih aplikasi Anda

Kami telah berbicara tentang berbagai aplikasi di sini, tetapi kami hanya menggores permukaan.

Baik Apple dan Android memiliki toko besar yang terus diperbarui dengan aplikasi baru. Ini berarti pilihan untuk aplikasi Apple dan Android untuk manula tidak terbatas.

Lihat kategori dan minat

Salah satu hal pertama yang harus dicari saat memilih aplikasi adalah menjelajahi jenis aplikasi yang mungkin disukai orang tua.

Misalnya, beberapa orang tua suka bermain game dan beberapa orang tua menikmati aplikasi yang menantang secara mental.

Mengetahui jenis aplikasi yang harus dicari dapat membantu mempersempit aplikasi yang Anda butuhkan. Ini mungkin membutuhkan trial and error dan kesabaran.

Selain itu, mengetahui jenis aplikasi yang Anda miliki, Anda sering dapat menggunakan fungsi pencarian di dalam toko itu sendiri untuk menemukan apa yang Anda cari. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mencari ‘permainan kartu’ atau ‘pencarian kata’. Anda kemudian akan melihat daftar aplikasi yang sesuai dengan persyaratan ini. Pendekatan ini tidak akurat karena mencari kata-kata dalam judul aplikasi, tetapi bekerja dengan baik untuk kategori umum aplikasi.

Anda juga dapat melihat kategori dan subkategori aplikasi.

Misalnya, di Google Play Store (Android App Store), Game adalah kategori dan subkategorinya mencakup Papan, Kartu, Santai, Teka-Teki, dan Kata.

Baca Juga :  Cara Berlayar Melalui Proses Peninjauan App Store

Saat memutuskan aplikasi, peringkat bintang juga dapat menunjukkan kualitas aplikasi.

Secara umum, aplikasi bintang 4 atau 5 patut dicoba, sedangkan aplikasi di bawah bintang 3 mencurigakan.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ini mungkin kasus mengunduh aplikasi dan mencobanya.

Kami tidak merekomendasikannya untuk aplikasi berbayar, tetapi toko aplikasi memiliki banyak aplikasi gratis untuk dipilih.

Pertimbangkan keterbatasan fisik dan mental Anda

Banyak orang tua akan memiliki masalah fisik atau mental yang membatasi aplikasi yang dapat mereka nikmati.

Memikirkan batasan ini dapat membantu Anda mengetahui jenis aplikasi mana yang terbaik untuk Anda.

Misalnya, orang dewasa yang lebih tua dengan masalah penglihatan dapat mengambil manfaat dari buku audio daripada eBuku. Lansia yang tuli dapat menggunakan tablet dan headset bersama-sama (yang juga mengurangi gangguan pengguna). Ini membuat mereka lebih mudah mendengar apa yang terjadi.

Dari sudut pandang mental, beberapa orang tua akan berjuang dengan permainan yang kompleks atau sulit secara mental, sementara yang lain tidak akan memiliki masalah.

Karena itu, Anda mungkin perlu menemukan permainan yang mudah dimainkan.

Terutama karena penderita demensia dapat dengan mudah menjadi frustrasi. Tapi mereka bisa menikmati permainan sederhana. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa bingo dapat meningkatkan fungsi mental pada peserta dengan penyakit Alzheimer.

Jenis game lain yang mungkin berfungsi termasuk game puzzle, game mencocokkan sederhana, dan game seperti aplikasi Clevermind yang dibahas sebelumnya.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang dikembangkan khusus untuk manula, tetapi ini berubah. Penelitian telah mulai fokus pada pengembangan game untuk orang tua. Ini berarti lebih banyak game akan tersedia di masa depan.

Namun, banyak game yang dirancang untuk berbagai usia masih sangat cocok untuk orang dewasa yang lebih tua.

Tentu, orang yang lebih tua dapat memiliki tingkat keterampilan yang sangat berbeda, tetapi mereka dapat bermain game di tablet.

Misalnya, seorang wanita tua yang saya kenal memainkan Angry Birds. Ini karena kontrolnya relatif mudah digunakan. Dia menikmati permainannya, tetapi tidak sepenuhnya memahami fisika atau strategi di baliknya dan akhirnya sering mengulangi levelnya.

Di sisi lain, ayah saya menderita demensia, tetapi dia masih bisa bermain blackjack online. Mungkin karena tahun-tahun yang saya habiskan untuk bermain blackjack di kasino sungguhan. Tetapi ini adalah bukti kuat bahwa orang yang lebih tua mampu membeli lebih dari yang dapat kita bayangkan.

Permainan dan model

Banyak game tablet menggunakan model yang disebut premium.

Ini berarti bahwa permainan itu sendiri gratis, tetapi mungkin dikenakan beberapa biaya. Contoh umum adalah item penghemat waktu dalam game seperti Sims Freeplay dan Farmville Country Escape.

Dalam hal ini, Anda dapat menonaktifkan pembelian dalam aplikasi di perangkat Anda sehingga tidak ada yang secara tidak sengaja menghabiskan uang untuk permainan.

Atau, Anda dapat meminta aplikasi selalu meminta kata sandi Anda saat melakukan pembelian.

Anda juga dapat menemukan game gratis yang mendukung diri mereka sendiri melalui iklan.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat membayar untuk menghapus iklan, tetapi tidak semua game mendukung ini.

Saya menemukan bahwa secara umum, game berbayar seringkali lebih baik karena mereka tidak berusaha keras untuk menghasilkan uang dari pengguna (mereka sudah dibayar saat Anda membeli game tersebut). Jadi, jika kamu menemukan game berbayar yang memiliki review bagus dan terlihat menjanjikan, jangan dihapus hanya karena mahal.

Temukan Tablet

Sebagian besar game yang dimainkan orang tua di tablet tidak menggunakan banyak grafis atau daya pemrosesan.

Konon, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan tablet yang bagus untuk orang tua.

Bahkan, orang-orang yang berpikiran teknis dalam keluarga besar Anda mungkin dapat membantu.

Misalnya, saya mengenal pasangan yang baru-baru ini meningkatkan ke tablet yang lebih cepat dan lebih cepat untuk penggunaan pribadi.

Tablet lama mereka akhirnya diberikan kepada ibu mereka. Pengantar tablet yang fantastis untuk orang tua tanpa biaya.

Selain itu, sebagian besar aplikasi yang dijelaskan di sini juga dapat ditemukan di smartphone Android dan Apple. Smartphone cenderung memiliki layar yang jauh lebih kecil, sehingga tidak cocok untuk semua manula, tetapi mereka menawarkan alternatif tablet untuk manula dengan penglihatan yang baik.