Apa peran intake manifold pada mesin – Dalam mesin apapun, sistem asupan sangat penting karena berkaitan dengan kinerja mesin termasuk tenaga dan torsi.

Sangat penting bahwa ruang bakar menciptakan tekanan yang sama untuk memastikan kelancaran pengoperasian silinder mesin.

Tujuan ini dapat dicapai dengan mengirimkan tingkat muatan yang sama ke silinder. Selain itu, sifat fisik, kualitas, dan faktor beban rasio udara-bahan bakar harus sama. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Fungsi

Peran karburator adalah mensuplai campuran udara-bahan bakar ke ruang bakar. Intake manifold pada mesin memberikan jumlah campuran udara-bahan bakar yang sama ke setiap silinder. Waktu katup harus akurat pada waktu yang sama.

Setiap piston harus memampatkan beban sesuai dengan rasio kompresinya. Ketika waktu pengapian tepat, itu akan memastikan bahwa percikan tepat waktu.

Dalam praktiknya, intake manifold pada mesin memiliki suhu, laju aliran, kontur, sudut, dan ukuran lintasan yang berbeda, sehingga beban mungkin tidak sama untuk semua silinder. Pada kecepatan rendah, Anda bisa merasakan perbedaan performa mesin.

Desain

Biasanya, intake manifold terdiri dari aluminium atau pipa besi cor. Manifold Toda dapat berlapis krom atau dilapisi bubuk. Selain itu, karburator dipasang di tengah intake manifold.

Ini dirancang untuk memungkinkan campuran udara-bahan bakar masuk ke silinder mesin tanpa masalah. Karburator dipasang pada intake manifold yang dipasang pada blok dengan desain.

Intake manifold hari ini membantu menguapkan bensin dari campuran udara-bahan bakar. Sistem pendingin mesin dan gas buang juga berfungsi untuk memberikan panas. Katup termostatik juga mengontrol jumlah panas.

Tata Letak Sistem

Pipa Tunggal:

Intake manifold pada mesin saluran tunggal memiliki pipa tunggal yang menghubungkan silinder mesin dan karburator. Namun, manifold flensa ganda memiliki sepasang pipa terpisah untuk silinder. Jadi jika Anda memiliki mesin 4 silinder, 4 saluran yang menyatu menjadi satu pipa ke karburator.

Baca Juga :  Daftar Perbandingan Lengkap All New Honda Vario 160 CBS dan ABS

Pipa Dual:

Biasanya intake manifold ganda memiliki dua pipa dan dua karburator, masing-masing pipa memasok 50% dari kebutuhan mesin. Idenya adalah untuk menghindari goresan yang tumpang tindih di manifold. Oleh karena itu, dapat membantu untuk meningkatkan pemerataan campuran udara-bahan bakar.

Empat:

Beberapa mesin mobil modern juga hadir dengan desain empat pipa. Jika Anda memiliki intake manifold pada mesin dengan desain empat pipa, outlet pertama dan kedua masuk ke silinder dalam urutan tertentu: 2, 3, 5, 8. Pipa lainnya bergerak ke dalam silinder dengan kecepatan urutan. 1, 4, 6, 7 dari.

Singkatnya, ini adalah pengantar singkat tentang peran intake manifold dalam mesin mobil. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentangnya, Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keseluruhan sistem mekanis.